Pemdes Soneyan: Pembangunan SDM Dari Pelatihan Hingga Kelola Usaha Sapi

0
48
Kepala Desa (Kades) Soneyan Margi Siswanto.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pemerintah Desa Soneyan, Kecamatan Margoyoso, Pati menyebut dalam rangka menerapkan pembangunan sumber daya manusia (SDM) bagi warganya dengan mendukung kegiatan yang berorientasi peningkatan ekonomi.

“Untuk mendukung pembangunan SDM tersebut, kami mohonkan bantuan dari Dinas Pertanian (Dispertan). Dan alhamdulillah kemarin kami mendapat bantuan sapi 20 ekor,” ujar Kepala Desa (Kades) Soneyan Margi Siswanto di kantornya kepada Saminnews.

Bantuan sapi oleh Dispertan tersebut, pihaknya mengatakan dikelola bersama oleh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan). Sehingga, dari usaha tersebut, ketika sudah besar bisa dikembangkan lagi dan dijual juga tentunya mendapatkan keuntungan.

Dimana dengan usaha pembesaran sapi tersebut, akan berdampak pada perekonomian warganya. Setidaknya hal ini ketahanan ekonomi bisa dirasakan bagi anggota Gapoktan.

Pihaknya mengaku untuk program pembangunan SDM yang unggul juga harus diperhatikan mulai dari usia anak dalam kandungan, baik untuk bayi maupun ibunya. Upaya ini untuk antisipasi gagal tumbuh bayi atau katakanlah mengalami stunting.

“Pembangunan SDM misalnya juga baru-baru ini kita laksanakan semacam kursus atau pelatihan bandeng. Tujuannya ini adalah untuk mencegah terjadinya kasus bayi stunting,” imbuh Margi.

Dimulai dari memastikan kesehatan bayi itu untuk menekan kasus stunting, juga dari Pemdes tetap memperhatikan pembangunan ekonomi. Hal tersebut supaya digalakkan dari berbagai sisi untuk membantu dari segi pendapatan keluarga.