Hari Kelima ; Seharian Pati Bebas dari Pamakaman Standar Protokol Covid-19

0
59
Tim Pemakaman Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bisa sedikit istirahat di suatu tempat pemakaman umum (TPU) saat menunggu kedatangan jenazah dari rumah sakit.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Memasuki hari kelima, Selasa (5/1) 2021 sampai berita ini dibuat pukul 16.30, Tim Pemakaman Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) seperti mendapat durian runtuh. Hal sama tetu dirasakan tim relawan lainnya dari Pati utara, yaitu Tim Relawan Tunggulwulung.

Sejak pagi hingga sore ini, merekan benar-benar bisa beristirahat baik di poskonya, di pinggir jalan raya Pati-Kudus maupun di rumah masing-masing, tapi siap bertugas jika mendapat perintah, yaitu melaksanakan pemakaman jenazah standar protokol Covid-19. Akan tetapi sejak pagi hingga sore ini, Pati benar-benar bebas dari pemakaman standar protokol tersebut.

Untuk sementara, papar salah seorang anggota tim yang  akrab dengan sapaan Purnama itu, tidak hanya tim semata merasa lega, tapi warga yang dalam sehari membaca berita ”Samin News” juga ikut merasa lega tentunya. ”Sebab, tidak ada berita tentang pemakaman itu yang kami laksanakan hari ini,”ujarnya.

Pemakaman jenazah standar protokol Covid-19 yang berlangsung di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Carum Pati, Senin (4/1) 2021 semalam.

Hal tersebut dibenarkan pembaca ”Samin News” yang menyebutkan, bahwa Selasa (5/1) hari ini memang tidak ada berita pemakaman dengan standar protokol Covid-19. Bahkan, katanya, hal itu berlangsung hampir seharian penuh, sehingga ini tanda-tanda masa pandemi akan segera berakhir atau kondisi hari ini memang demikian.

Terpisah salah seorang warga di Kecamatan Jaken, bahwa sejak Senin (4/1) kemarin hingga Selasa (5/1) hari ini tidak ada berlangsung pemakaman. ”Semoga semua kondisi ini merupakan awal berlangsungnya masa pandemi Covid-19 yang segera berakhir, sehingga warga benar-benar merasa lega, dan semua dalam kondisi sehat,”ujar salah seorang di antara pembaca, Zamahsari.

Pemakaman standar Covid-19 di TPU Kampung Saliyan, Kelurahan Pati Lor, Kecamatan Pati semalam.(Foto:SN-dok-nn)

Kendati demikian, salah seorang tim BPBD tetap mengharap agar kondisi pemakaman standar protokol Covid-19. ”Ya semoga saja, tidak berlangsungnya pemakaman pada pagi maupun siang hingga sore hari, hendaknya tidak pula pada malam hari, sehingga kami pun mengharap agar nanti malam tidak berlangsung pemakaman lagi,”tandas Purnama seraya berseloroh, agar nanti malam benar-benar tidak ada.