Disdukcapil Belum Genap Akomodir Semua Pelayanan di MPP

0
15
Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Pati.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Hadirnya Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kabupaten Pati diharapkan meningkatkan keefektifan dan kemudahan dalam mengurus berbagai perizinan. Seperti namanya sendiri, di MPP menyediakan banyak pelayanan maupun perizinan masing-masing OPD bagi khalayak.

Beberapa instansi pemerintah, badan usaha milik negara (BUMN), hingga pelayanan badan pelayanan kesehatan maupun ketenagakerjaan hadir di sini, yang terintegrasi dalam satu gedung. Meski demikian, sudah sebulan sejak diresmikannya, pelayanan yang disediakan belum menjangkau semuanya.

“Jadi, untuk pelayanan dari Capil (pencatatan sipil) belum semuanya. Hanya terkait konsultasi NIK (nomor induk kependudukan) maupun terkait perubahan NIK,” kata Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Sugiono, Rabu (20/1/2021).

Hal tersebut diungkapkan pihaknya setelah dikonfirmasi terkait pelayanan khususnya Disdukcapil di MPP yang masih sepi. Perbandingan ini dilihat dari konter atau gerai pelayanan lain OPD pemerintah Pati.

Dengan demikian, pihaknya melanjutkan pelayanan oleh Capil sendiri belum mengakomodir semua pelayanannya di MPP.

“Tapi, harapan kami bisa dilayani disini (MPP) semua. Kan biar cepat, KTP bisa nyetak di MPP, bisa mengurus kartu keluarga (KK) disini juga, kan pelayanan pindah disini semua,” harap Sugiono.

“Kecuali terkait sudah mendapat pin, misalnya pin KIA, pin KK, pin KTP itu bisa dicetak melalui atm. Pinnya berapa itu bisa dicetak kartu sendiri,” tambah dia.

Sehingga, harapan pelayanan yang terintegrasi oleh pemerintah Kabupaten Pati ini kebutuhan masyarakat benar-benar terakomodir dalam satu atap. Artinya, masyarakat tidak repot-repot hadir ke satu dinas ke dinas lainnya, pasalnya sudah tercover di MPP itu.