Aplikasi IPatiPintar Alternatif Bacaan Digital di Tengah Pandemi

0
17
Aplikasi membaca buku via elektronik atau secara digital terobosan baru dari Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Pati.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Pati memberikan alternatif bagi masyarakat atau pemustaka. Khususnya di tengah pandemi Arpusda belum membuka operasional, sehingga masyarakat tidak diperbolehkan membaca di lokasi yang disediakan.

Pustakawan Arpusda Pati, Sugiri mengatakan untuk menyikapi hal ini, pemerintah melalui Perpustakaan Daerah akan meluncurkan aplikasi digital. Aplikasi ini menyediakan bahan bacaan bagi masyarakat secara elektronik (e-book).

“Kita akan luncurkan e-book yang bernama iPatiPintar. Aplikasi yang menyediakan bahan bacaan berupa buku elektronik yang dibaca melalui digital,” ungkap Sugiri saat dikonfirmasi Saminnews, Senin (11/1/2021).

Peluncuran e-book Pati pintar ini bakal segara dilaunching. Pasalnya, untuk saat ini masih dalam persiapan SDM. Persiapan ini menyangkut pelatihan terkait aplikasi iPatiPintar tersebut. Pihaknya belum bisa menjawab secara pasti terkait tanggal peluncuran.

Aplikasi tersebut, lanjut Sugiri dipastikan sudah berada dalam android di playstore. Sehingga, aplikasi iPatiPintar sudah bisa didownload masyarakat. Namun, untuk keefektifan membaca literasi bacaan, pihaknya mengakui bahwa bacaan cetak cenderung lebih efektif dibanding dengan digital.

“Tapi, untuk keefektifan membaca di smartphone dengan cetak sebenarnya lebih ke cetak. Sebab ini dimaksudkan untuk memberikan alternatif agar masyarakat tetap membaca di tengah pandemi,” jelas Sugiri.

“Iyak betul aplikasi iPatiPintar ini menjadi semacam solusi membaca masyarakat, khususnya di tengah pandemi ini. Karena, untuk saat ini masyarkat belum bisa datang ke perpustakaan,” ujarnya.

Jenis koleksi bahan bacaan pada aplikasi iPatiPintar ini atau perpustakaan digital ini antara lain adalah buku sekolah elektronik mulai dari SD, SMP dan SMA. Kemudian, terdapat jenis koleksi bacaan pengetahuan umum serta koleksi bacaan konten lokal Pati.