Warganya Meninggal Covid-19, Pemdes Dadirejo Imbau Terapkan Gerakan 3M

0
26
Kepala Desa Dadirejo, Sukarjo.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Salah seorang warga Desa Dadirejo, Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati meninggal dunia dengan konfirmasi positif covid-19. Sehingga, berkaitan dengan almarhumah tersebut, sesuai dengan prosedur yang berlaku, maka ditangani dengan protokol kesehatan.

Kepala Desa Dadirejo, Sukarjo mengungkapkan dengan kejadian meninggalnya salah satu warganya itu, untuk selanjutnya agar tetap melakukan aturan protokol kesehatan dengan memakai masker, cuci tangan pakai sabun, serta jaga jarak.

“Iya dari itu, makanya kita harus menerapkan protokoler kesehatan. Untuk mengatasi dan mencegah penyebaran Covid-19,” katanya di kantornya kepada Saminnews, Senin (14/12/2020).

Selain itu, kata Sukarjo bukan hanya mengingatkan dalam menerapkan kedisiplinan dan kesadaran memakai masker bagi masyarakat. Juga Pemerintah Desa telah melakukan upaya koordinasi terhadap tim pemulasaraan jenazah Covid-19 oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Sehingga, sesuai dengan aturan tersebut maka dilakukan pemakaman standar Covid-19. Dan dilakukan oleh pihak yang berwenang yaitu burial tim BPBD Kabupaten Pati.

Oleh sebab itu, pihaknya dengan intens agar gerakan 3M, yaitu mencuci tangan, memakai masker, serta menjaga jarak agar sedianya dilakukan oleh masyarakat. Dan sekiranya menghindari tempat keramaian.

“Dari kita (Pemdes, red) sudah dilakukan upaya tracking. Juga sudah kita adakan penyemprotan disinfektan dan kita bagikan masker,” imbuhnya.

Adapun almarhumah, masih kata Sukarjo, pada saat hidupnya mempunyai penyakit penyerta. Lalu, yang bersangkutan kemudian dirawat di rumah sakit KSH. Dan selama disana, dirawat empat hari hingga hari ini menghembuskan nafas terakhirnya.