Tadi Pagi Selesai Dimakamkan Satu Jenazah Perempuan Muda dengan Standar Protokol Covid-19

0
220
Jenazah almarhumah seorang ibu muda, warga Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, saat diturunkan dari ambulans dan diusung menuju lubang pemakamam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) desa setempat.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Di wilayah Kecamatan Jaken, Rabu (2/12) tadi pagi selesai dimakamkan satu jenazah seorang ibu muda, warga Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, di Tempat Pemakaman Umum (TPU) desa setempat. Dalam kesempatan tersebut, kendati pemakaman dilaksanakan dengan standar protokol Covid-19, tapi warga maupun para pelayat sudah mengikuti/mengantar jenazah sampai lokasi peristirahatan terakhir.

Bahkan dari pantauan  langsung ”Samin News” di lokasi pemakaman tersebut, juga ada satu dua warga yang ikut membantu tim pemakaman dari  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Yakni, ikut menutup/menguruk lubang makam yang pelaksanaan pemakamannya dilaksanakan secara maksimal.

Di antaranya, peti jenazah selain ditutup kain kafan juga masih dilapisi dengan tikar pandan, kemudian berikutnya ditutup lagi dengan lembaran papan yang dipaku dengan peti jenazah. Selesai itu, di bagian atas sendiri juga masih diberi penutup dari bilah bambu yang dirangkai antara satu dan lainnya, dan panjangnya menyesuaikan panjang peti jenazah.

Peti jenazah sampai di atas lubang makam kemudian diandzankan dan qomat, untuk selanjutnya dilakukan penguruka/penutupan.

Sebelum meninggal semalam, almarhumah sempat dirawat di RSUP Dokter Kariadi Senarang, maka yang membawa jenazah ke Tamansaru adalah ambulans dari rumah sakit tersebut. Sebelum menuju ke TPU setempat, jenazah almarhumah dibawa oleh ambulans itu mampir ke rumah duka, dan dishalatkan di halaman dengan posisi seperti biasa, yaitu jenazah masih berada dalam mobil ambulans.

Selesai shalat jenazah dan warga maupun pelayat yang memang sudah lama , menunggu langsung ikut mengantar jenazah ke lokasi TPU. Hadir dalam kesempatan itu selain jajaran personel dari Polsek Jaken juga Koramil, dan rombongan personel dari kecamatan.

Penutupan peti jenazah dengan lembaran papan berlanjut dengan pengurukan/penutupan lubang makam oleh tim yang disaksikan oleh para pelayat.

Selesai dimasukkannya peti jenazah ke lubang makam, kemudian ditutup/diuruk maka proses pemakaman pun tinggal menunggu penatanan pusara. Selain itu juga penempatan nisan kayu juga di pusara almarhumah, dan dilanjutkan pengurukan/penutupan lubang makam tahap akhir, maka selesailah tahapan proses pemakaman almarhumah ibu muda tersebut.

Penempatan nisan kayu dan pengurukan/penutupan lubang jenazah tahap akhir dalam proses pemakaman standar protokpl Covid-19.

Selain selesai pemakaman satu jenazah pada pagi tadi, pada Selasa (1/12) sore kemarin juga dimakamkan jenazah dengan standar protokol Covid-19 tapi oleh relawan dari Pati utara, Tunggulwulung. Yakni, untuk jenazah seorang laki-laki, warga Desa Ngagel, Kecamatan Dukuhseti, disusul pemakaman berikutnya jenazah dari RS KSH, warga Desa Purwokerto, Kecamatan Tayu yang sebelum meninggal sempat dirawat di rumah sakit tersebut.