Sosialisasi Aparat Dinilai Efektif Bubarkan Kerumunan

0
28
Saat aparat melaksanakan sosialisasi di Brotherhoodcafe, Pati Lor, Pati.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Malam pertama pemberlakuan pembatasan jam malam di Kabupaten Pati, yakni Rabu (5/12) kemarin, dinilai cukup efektif untuk membubarkan kerumunan. Giat ini oleh aparat gabungan mulai dari tim kepolisian, TNI, serta Muspika Kecamatan Pati Kota.

Arif, salah seorang warga menilai kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah ini cukup efektif. Betapa tidak, pasalnya kerumunan di tempat-tempat publik pada segera membubarkan diri. Masyarakat, setelah obrak-obrakan oleh aparat ini cukup manjur sehingga ditaati oleh masyarakat.

“Gerakan Sosialisasi pembatasan jam malam cukup efektif. Sebelumnya ada keramaian, setelah ada aparat gabungan langsung segera untuk pulang,” ucapnya kepada wartawan.

Pihaknya melihat giat sosialisasi yang dilakukan oleh aparat itu di warung Brotherhoodcafe, Pati Lor, Pati. Sehingga, Ia paham betul kondisi di lapangan apa yang terjadi.

Akan tetapi, pihaknya menegaskan bahwa giat sosialisasi pembatasan jam malam ditekankan pada aktivitas bubarnya warga. Dimana sebelumnya berkerumun pada suatu tempat, lantas segera menaati apa yang menjadi aturan oleh pemerintah.

“Giat sosialisasi ini efektif untuk membubarkan kerumunan. Tapi pada kata membubarkan lho, kalau untuk wabah Covid-19 nya belum dimengerti,” tandasnya.

Menurut salah seorang aparat sosialisasi itu, pihaknya mengaku sosialisasi yang dilakukan ini memang bertujuan untuk menerapkan kebijakan pemerintah mengenai pembatasan jam malam.

“Jadi, kita sosialisasi ini bukan hanya di sini (Brotherhoodcafe). Tapi kita muter, menyasar di tempat-tempat umum lainnya,” katanya.

Diketahui, penerapan pembatasan jam malam dimulai pada hari Sabtu (5/12). Pemerintah sebelumnya juga menerapkan kebijakan ini, yang sempat dihapus sementara. Akan tetapi, diberlakukan kembali. Kebijakan ini mengacu pada Surat Edaran (SE) Bupati Pati Nomor 443/3257 tentang Pembatasan Jam Malam dan Kepatuhan Memakai Masker untuk Pencegahan dan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Pati.