Plt Direktur RSUD Soewondo Ceritakan Dilema Nakes di Tengah Masa Pandemi

0
51
Plt Direktur RSUD RAA Soewondo, Pirno
Plt Direktur RSUD RAA Soewondo, Pirno

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dalam masa pandemi, tenaga medis maupun para karyawan rumah sakit seringkali dihadapkan dengan dilema saat harus membaur di tengah masyarakat. Terlebih ditengah santernya berbagai isu mengenai Covid-19 yang terjadi di tengah masyarakat.

Seperti yang diungkapkan oleh Plt RSUD RAA Soewondo beberapa waktu yang lalu. Dalam kesempatan tersebut ia mengungkapkan bahwa di tengah masyarakat, kini ada kecenderungan untuk takut berobat ke rumah sakit karena adanya pandemi Covid-19.

“Kondisinya sekarang berbeda. Dulu sebelum pandemi, kalau ada saudara maupun tetangga yang sakit saya seringkali diajak urun rembug,” tuturnya saat ditemui Samin News, Selasa (15/12/2020).

Akan tetapi, hal tersebut sangat berbeda ketika masa pandemi berlangsung. Bahkan Pirno pun mengatakan jika kini dirinya justru sedikit merasa canggung ketika dihadapkan situasi seperti itu.

“Lha sekarang kan beda. Sekarang justru ada kecenderungan masyarakat takut ke rumah sakit, katanya takut di Covid-kan,” tambahnya.

Bahkan dalam kesempatan tersebut ia juga mengatakan bahwa ketika ada tetangga yang melangsungkan hajatan, ia memilih untuk datang lebih awal ketika tamu masih sepi.

“Kalau nyumbang ya ketika kalau bahasa jawanya ya pas melek pasihan itu. Kan masih sepi, takutnya nanti tetangga merasa takut jika berdekatan dengan orang rumah sakit seperti saya,” pungkasnya.