Masyarakat Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan, Kontinuitas Jadi Catatan

0
43

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pati, Indriyanto mengatakan dewasa ini masyarakat sudah patuh terhadap protokol kesehatan. Kesadaran masyarakat dengan menerapkan budaya kenormalan baru, seperti penggunaan masker pada tempat-tempat publik.

Meski kebijakan pemerintah, utamanya penerapan jam malam di Kabupaten Pati sendiri yang diterapkan beberapa bulan lalu, kini sudah dihapus. Pun demikian, menerapkan protokol kesehatan masih berlaku. Pencabutan itu dari evaluasi pemerintah terhadap kebijakan jam malam.

“Memang dari evaluasi pemerintah, penerapan jam malam kan dihapus ini. Akan tetapi, protokol kesehatan memang harus. Dan sebetulnya masyarakat juga relatif sudah banyak pakai masker, tapi kontinuitasnya itu yang belum,” paparnya saat dikonfirmasi Saminnews beberapa waktu lalu.

Pihaknya melihat masyarakat saat ini telah sadar dan disiplin terhadap apa yang menjadi aturan kesehatan. Namun yang menjadi catatan bahwa terkait sikap kontinyu yang belum maksimal. Yang mana ini harus perlu ditingkatkan lagi, terkait sikap kontinuitas penerapan gerakan pakai masker dan protokol kesehatan lainnya.

“Jadi ya kita harap, masyarakat dan semua pihak tetep menaati protokoler kesehatan. Dari pakai masker, cuci tangan pakai sabun, hand sanitizer, maupun menjaga jarak sosial distancing. Menghindari kerumunan, ini kan penting sekali,” katanya.

Diskominfo sendiri turut membantu pemerintah dalam upaya meningkatkan kesadaran, kemauan serta kedisiplinan di tengah masyarakat. Dengan memberikan edukasi juga sosialisasi guna keperluan tersebut. Diskominfo sebagai OPD yang bertugas dalam publikasi grafik peta Covid-19 di Kabupaten Pati.

“Kalau yang jelas dari kita itu, ada informasi web Covid-19. Web itu berisi informasi update terkait perkembangannya tiap hari,” tutupnya.