Kembangkan Jaringan Komunikasi, Diskominfo Gandeng Telkom

0
44
Kepala seksi (Kasie) Pengelolaan Infrastruktur TIK dan Menara Telekomunikasi, Nono Harjono.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kepala Seksi (Kasie) Pengelolaan Infrastruktur TIK dan Menara Telekomunikasi pada Diskominfo Kabupaten Pati, Nono Harjono mengatakan pengembangan jaringan di wilayah pemerintahan Kecamatan pihaknya menggandeng Telkom. Hal ini guna memberikan fasilitas kemudahan bagi Kecamatan.

“Untuk kecamatan, tahun 2019/2020 itu kita masih menggunakan kerjasama dengan Telkom. Karena, penyedia (Telkom) bisa mampu ke wilayah terjauh di wilayah Kabupaten Pati,” ungkap Nono di kantornya kepada Saminnews.

Jaringan Telkom mampu menjangkau hingga daerah jauh, ataupun desa yang katakanlah pelosok. Oleh karena itu, pihaknya menggandeng dalam rangka menyediakan jaringan bagi pemerintah kecamatan. Akan tetapi, dalam upaya maintenance (pemeliharaan, red) masih dipegang oleh pemerintah Kabupaten Pati melalui Diskominfo.

Selain perawatan, anggaran juga dibebankan kepada Diskominfo. Dimana OPD yang berwenang dan bertanggung jawab atas pengelolaan jaringan. Sehingga, dalam praktiknya tugas perawatan dan pengembangan jaringan di Kabupaten Pati menjadi Tupoksi Diskominfo.

“Kita juga bekerjasama dengan Dinas lain, kita juga bersama Disdagperin membangun jaringan di pasar-pasar. Kami melayani di 19 pasar daerah tradisional. Yang mana dipasang alat dari Telkom,” tambahnya.

Pemasangan jaringan di pasar, kata Nono yaitu bertujuan untuk mendukung sistem administrasi. Pertama untuk aplikasi laporan pendapatan. Ini adalah suatu yang rutin serta terjadwal dengan ontime tepat waktu.

“Untuk yang kedua itu, tujuan jaringan aplikasi tersebut dalam mendukung sebagai medium absensi ya. Di Kecamatan maupun pasar daerah itu sudah ada, sudah kita pasang untuk hal tersebut,” tutupnya.