Hari Ini, Baznas Salurkan Bantuan Pendidikan Bagi Siswa SMP dan MTs se-Kawedanan Tayu

0
227
Siswa-siswi SMP/MTs negeri yang menerima bantuan.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pati sesuai dengan jadwal yang ditentukan, hari Senin (28/12) hari terakhir menyalurkan bantuan pendidikan bagi siswa SMP negeri-swasta dan MTs negeri-swasta se-Kabupaten Pati.

Pendistribusian bantuan pendidikan oleh Baznas itu, dilakukan selama empat hari. Dimulai dari tanggal 23 s/d 24 serta 26 dan 28 Desember. Bantuan Baznas ini oleh pengelolaan zakat, infak dan sedekah yang kemudian digunakan untuk berbagai keperluan yang dalam hal ini termasuk bantuan pendidikan.

“Untuk hari ini disalurkan bantuan pendidikan bagi siswa sebanyak 270 orang di eks se-Kawedanan Tayu dari MTs 48 sekolah dan SMP 6 sekolah, dengan masing-masing 5 peserta,” ujar ketua Baznas melalui staffnya Abdullah Adib kepada Saminnews.

Baznas Kabupaten Pati total menyalurkan bantuan pendidikan bagi siswa sebanyak 1.115 yang terdiri dari siswa SMP dan MTs. Dengan demikian, dari total siswa tersebut, pihaknya menganggarkan 557.500.000 dari anggaran yang disediakan.

Sebelumnya Ketua Baznas, Imam Zarkasi mengatakan bantuan oleh lembaga zakat itu ditujukan untuk siswa yang kurang mampu. Dimana hal ini dimaksudkan sebagai memberikan bantuan di tengah pandemi.

“Penerima bantuan (oleh Baznas) diprioritaskan bagi siswa yang kurang mampu dan belum mendapat perhatian atau bantuan dari pemerintah, seperti Program Indonesia Pintar,” katanya.

Mengapa diprioritaskan bagi yang belum menerima bantuan pemerintah, pasalnya dia menyebut di tengah situasi pandemi ini pemerintah telah menggelontorkan bantuan yang cukup banyak di bidang pendidikan. Diantaranya bantuan operasional sekolah, bantuan subsidi guru, juga bantuan kuota.