DI Sonorejo Hendak Pasang Bronjong Terhambat Derasnya Air Alur Kali

0
56
Paket pelaksanaan pekerjaan peningkatan DI Sonorejo, di Desa Sonorejo, Kecamatan Jakenan tertunda memasang bronjong du hilir benduang karena aur di alur kali tersebut meluap.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dalam kondisi cuaca yang dalam keseharian turunnya hujan terus menguyur sejak, Senin (7/12) kemarin, maka hal itu berdampak meluapnya air di alur kali hulu DI Sonorejo, di Desa Sonorejo, Kecamatan Jakenan, Pati. Padahal jadwal pelaksanaan peket pekerjaan tersebut, untuk Selasa (8/12) hari ini adalah memasang bronjong di hilir bendung.

Sebab, pelaksanaan tahapan pekerjaan itu sudah dimulai beberapa waktu sebelumnya, yaitu di bagian hilir sisi timur, tapi belum tuntas dan demikian pula di bagian hilir sisi barat juga sudah mulai persiapan. Bahkan alat berat, untuk mengeruk bagian sisi tepi alur kali yang akan dibronjong juga sudah dilakukan, tapi pelaksanaan pekerjaan itu tak bisa berjalan.

Dengan kondisi luapan air kali yang mengalami peningkatan hingga ketinggian 50 cm, papar salah seorang personel pengawas lapangan daru Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan  Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati, Aji, pihaknya memang mengecek kondisi pelaksanaan pekerjaan di lapangan. ”Ternyata curah hujan yang tinggi, maka alur kali juga meluap hingga mencapai ketinggian 50 cm,”ujarnya.

DI Sonorejo, di Desa Sonorejo, Kecamatan Jakenan yang pelaksanaan paket pekerjaannya tinggal pemasangan bronjong di sisi tepi alur kali atau hilir bendung tersebut.

Dampak dari kondisi dan faktor alam, lanjutnya, rekanan yang hendak melanjutkan penyelesaian pekerjaan tentu terhambat. ”Padahal; sisa hari kalender sesuai kontrak sudah sangat terbatas maka pelaksanaan pekerjaan itu harus segera diselesaikan,”imbuhnya.

Terpisah Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air (SDA) DPUTR Kabupaten Pati, H Darno, pihaknya semula optimistis bahwa rekananan yang melaksanakan pekerjaan tersebut akan buisa menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya, tepat waktu. Akan tetapi hal itu dengan catatan, asal cuaca benar-benar mendukung, mengingat saat ini hujan sudah turun.

Karena itu, pelaksanaan pekerjaan yang tinggal memasang bronjong dan pembenahan lain jika kondisi air yang mengalir lewat bendung itu tidak berkurang karena masih tingginya curah hujan, maka pekerjaan tersebut tak bisa berlangsung. ”Akan tetapi sebaliknya jika cuaca cukup baik atau dari hulu alur kali tidak terun hujan deras, maka penyelesaian pelaksanaan pekerjaan itu bisa berlangsung,”tandasnya.