Desa Tlogosari Punya Gawe Lantik Perangkat Desa

0
89
Saat pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Desa Tlogosari berlansung.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kepala Desa (Kades) Tlogosari, Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati, Ali Rohmat mengatakan pemerintah desa punya gawe dari rangkaian penyelenggaraan pemilih perangkat desa. Hingga kini tiba waktunya dilakukan prosesi pelantikan dan sumpah jabatan. Kegiatan berlangsung di Balaidesa setempat, Sabtu (19/12/2020) pagi tadi.

“Pemdes Tlogosari punya gawe dimana sebelumnya dilakukan pemilihan perangkat desa. Ini berdasarkan regulasi yang ada, dan selanjutnya mereka yang (terpilih, red) kita lantik,” ujar Kades Tlogosari Ali seusai memimpin pelantikan kepada Saminnews.

Gawe yang dimaksud itu adalah pengisian perangkat desa. Seperti pada umumnya desa lainnya, dilakukan perangkat desa secara serentak yang ada di Kabupaten Pati. Dan hal ini juga yang dilakukan oleh Pemdes Tlogosari guna melengkapi struktur pemerintahan.

Menurut Ali, dalam pelaksanaan pelantikan perangkat desa ini sedikitnya ada dua formasi. Posisi ini sudah masuk pada masa habis periode. Dengan demikian dua posisi tersebut yang dilakukan pemilihan oleh panitia pemilihan perangkat desa setempat.

“Pelantikan perangkat desa ini ada dua formasi. Diantaranya yaitu Kepala Dusun (Kadus) dan Kau Perencanaan. Dan mereka sudah mengikuti prosesi sumpah menjadi bagian pemerintahan Desa Tlogosari,” imbuhnya.

Dengan demikian, perangkat desa yang baru dilantik itu, diharapkan mampu mengambil peran sesuai tugasnya masing-masing. Sehingga, pelayanan yang ditujukan terhadap masyarakat bisa terwujud secara maksimal.

“Keduanya (perangkat desa yang dilantik, red) agar turut mewarnai dan membantu kinerja pemerintah desa supaya lebih baik. Selama menjabat perangkat itu menjadi tanggung jawabnya ikut andil memberikan pelayanan,” katanya lebih lanjut.