Anjungan Data Mandiri BPS Fasilitasi Berbagai Layanan Informasi Publikasi

0
51
Kepala BPS, Anang Sarwoto.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Hadirnya Mal Pelayanan Publik (MPP) semakin memberikan pelayanan prima. Di lain pihak, bagi masyarakat juga mudah dalam mengakses informasi yang diperlukan. Di MPP yang baru diresmikan itu, banyak Satuan Kerja (Satker) tersedia. Hal ini ini juga yang disediakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Di MPP tersebut, BPS melayani basis informasi melalui Anjungan Data Mandiri (adm) yang disediakan itu memfasilitasi masyarakat. Seperti yang disampaikan Kepala BPS, Anang Sarwoto bahwa melalui ADM, masyarakat bisa mengakses berbagai informasi.

“(di anjungan) itu, memfasilitasi website dan publikasi-publikasi yang bisa diunduh langsung oleh masyarakat atau pengunduh,” papar Anang saat dikonfirmasi Saminnews, Kamis (17/12/2020).

Sebagaimana diketahui, keberadaan BPS sendiri lembaga pendukung pemerintah dalam merumuskan dan mengambil kebijakan. Melalui kegiatan maupun survey yang dilakukannya sangat membantu membedah dan menyajikan data maupun informasi.

Menurut Anang, BPS selaku badan statistik menyediakan publik yang cukup banyak. Hal ini juga termasuk indikator yang diperlukan oleh dan untuk pemerintah maupun masyarakat secara umum.

“wah banyak (publikasi statistik), juga indikator-indikator ada dalam berbagai publikasi oleh BPS,” imbuh Anang.

Dalam website BPS Kabupaten Pati sendiri, jika kita melihatnya ada beragam menu yang tersedia. Mulai dari, berita statistik, lalu dengan menyediakan tabel berbagai bidang maupun publikasi terbaru. Dari publikasi itu terkait statistik harga tahunan.

Selain itu, tentu saja terkait survey penduduk tahun 2020 yang baru berlangsung. Dengan demikian, semakin Aktif mengakses informasi publikasi yang dimuat itu, kita diajak untuk meningkatkan wawasan berbasis data.