Viral Minum Bir, Bukti Bahwa Masih Banyak ASN Nakal Amatiran

0
45

BELUM lama ini, publik dihebohkan oleh salah satu unggahan di media sosial yang menunjukkan beberapa oknum Aparatur Sipil Negara (ASN)  lingkup Pemprov Sulsel tengah asyik minum bir di sebuah restoran yang berada di Makassar.

Hal tersebut mendadak viral melalui salah satu unggahan akun facebook bernama Syafaruddin. Publik pun merespon dengan menerka bahwa unggahan tersebut merupakan potret dari oknum ASN yang sedang merayakan jabatan baru mereka.

Dalam foto tersebut, terlihat jelas beberapa pria mengenakan seragam ASN berwarna khaki coklat sedang nongkrong di ruang tertutup. Salah satunya tengah menenggak sebuah minuman. Diduga gelas itu berisi minuman beralkohol salah satu merek bir.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman angkat bicara. Ia meminta Badan Kepegawaian Daerah (BKD) untuk segera melakukan investigasi terhadap para ASN tersebut.

Ia pun menyampaikan, sebelum ada hasil investigasi dari BKD dan Inspektorat, harus mengedepankan praduga tak bersalah.

Sebenarnya, apa yang disampaikan oleh Wakil Gubernur Sulawesi tersebut memang tidak ada salahnya. Namun meskipun begitu, kita tak lantas juga bisa begitu saja melarang masyarakat untuk berasumsi buruk mengenai unggahan foto tersebut.

Pasalnya, meskipun disisi lain ASN merupakan salah satu profesi idaman para orang tua di Indonesia, tetapi semua orang juga mengerti bagaimana kinerja ASN kita selama ini.

Bahkan tentu tak jarang kita melihat berbagai pemberitaan dengan muatan negatif tentang ASN di Indonesia. Mulai dari hal substansi yakni mengenai kinerja yang tidak maksimal, hingga hal remeh temeh seperti mangkir ngopi bahkan karaoke di jam kerja.

Padahal seperti kita ketahui bahwa ASN pada kenyataannya memang memiliki segudang fasilitas seperti gaji yang terjamin, hingga jaminan masa tua atau pensiunan. Oleh sebab itu, tentu tidak berlebihan jika masyarakat selalu menyoroti keberadaan para ASN.

Singkat kata, kalau sudah memiliki fasilitas dan jaminan hidup, mbuk ya kerja yang maksimal. Jangan justru pingin disoroti lantaran perilaku yang lucu seperti itu. Atau kalau saran saya, kalau mau ngebir ya jangan pakai seragamnya dong Pak. Dasar nakal amatiran !