Ujung Pertigaan ke Kolam Tambat Kapal Masih Dilakukan Penataan

0
35
Kendaraan yang keluar dari salah sebuah ”coolstorage” di ujung pertigaan akses jalan ke Karangmangu, Desa Bajomulyo, Kecamatan Juwana.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Untuk mempercepat proses pengecoran rigid beton di ujung pertugaan menuju ke kolam tambat kapal atau kawasan Pulau Separat, memang dilakukan dengan menggunakan rigid beton khusus. Dengan demikian, dalam umur beton tujuh hari sudah bisa dibuka dan siap dilewati kendaraan berbuatan berat, karena beton sudah mencapai 400 lebih.

Akan tetapi untuk menentukan, agar akses ruas jalan di ujung pertigaan ini benar-benar maksimal masih ada beberapa tahapan pekerjaan yang harus tetap dituntaskan. Satu di antaranyam adalah penataan bahu jalan dengan pemadatan material beskos, tepat di depan jalan masuk sebuah ”collstorage” yang ketebalannya bisa mencapai 40 cm.

Sebab, papar salah seorang pelaksana lapangan dari rekanan yang bersangkutan, Amin, untuk ketebalan rigid beton di lokasi tersebut ketebalannya mencapai 27 meter. ”Akan tetapi untuk lantai kerjanya sudah dengan ketebalan 5 cm sehingga total tebal menjadi 32 cm, sehingga jika ketebalan beskos 40cm  tentu harus dipadatkan sampai sama dengan permukaan beton,”ujarnya.

Karena itu lanjutnya, karena pihak pengusaha yang bersangkutan sudah menetapkan bagian bahu jalan masuk menjadi lokasi haknya mengcu pada jembatan yang juga dibangun sendiri, maka material beskos untuk keperluan tersebut harus didatangkan sendiri. Sedangkan pihak rekanan hanya menata dan memadatkan, sekalian menata beskos yang menjadi  tanggung jawab pihaknya.

Masing-masing adalah dari ujung jembatan di pertigaan tersebut, dan selebihhnya dari beskos milik perusahaan ”coolstorage” ke selatan sepanjang kurang lebih 30 meter harus dipadatkan semua. Karena itu harys diupayakan dalam waktu satu atau dua hari bisa tunbtas semua, sehingga yang ke selatan tinggal nunggu umur beton.