Banyak Camat Mengusulkan Nama Jalan di Kecamatan

0
111
Nama jalan di kecamatan yang sudah dipasang pada akhir tahun ini, di antara nya adalah nama Jl Paranggarudo, di Kecamatan Winong, dan Jl Nyi Ageng Ngerang dan Jl Jend Sudirman, di Kecamatan Tambakromo.

SAMIN-NEWS.com, PATI  – Kendati saat ini masyarakat tak lagi banyak membutuhkan jasa pos khususnya untuk pengiriman surat, sehingga memerlukan nama jalan dan kode pos yang jelas, tapi banyak kecamatan yang mengusulkan nama-nama jalan di wilayahnya. Hal tersebut tentu berlatarbelakang sejarah, jika di suatu wilayah kecamatan tersebut mempunyai latar belakang sejarah yang cukup terkenal di wilayahnya.

Di sisi lain, pemberian nama suatu ruas jalan yang notabene dengan nama seorang pahlawan tentu memberi pamahaman tentang sosok pahlawan yang biasanya diidolakan oleh anak-anak, untuk bisa bisa mewarisi semangat perjuangan. Karena itu, nama jalan Jend Sudirman saat ini juga ada di wilayah kecamatan, tentu bagian dari contoh tentang semangat juang Jend Sudirman ketika dalam kondisi sakit tetap harus memimpin perang gerilya.

Karena itu, ungkap  Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pati, Teguh Widyatmoko AP MSi melalui Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Joko Susanto SH MH, pemberian nama jalan yang identik nama-nama besar para pahlawan adalah salah satu upaya menghargai jasa para pahlawan kita. ”Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya, maka kami mendukung dan merespons usulan tersebut,”ujarnya.

 

Nama jalan di kecamatan yang sudah dipasang pada akhir tahun ini, di antara nya adalah nama Jl Paranggarudo, di Kecamatan Winong, dan Jl Nyi Ageng Ngerang dan Jl Jend Sudirman, di Kecamatan Tambakromo.

Sedangkan usulan kali pertama, lanjutnya, adalah datang dari Camat Kecamatan Winong, dan berikutnya camat lain pun bergantian ikut mengusulkan. Sedangkan penyediaan meterial rambu-rambu berisi nama-nama jalan tersebut harus difasilitasi pihaknya, sehingga untuk sampai akhir tahun anggaran ini memang tidak banyak fasilitas nama jalan tersebut.

Selain di Kecamatan Winong dengan jalan, di antaranya Jl Paranggarudo, memang sudah terpasang karena di wilayah kecamatan ini terdapat satu situs bekas lokasi Kadipaten Paranggadudo, di Desa Godo. Selebihnya, nama Jl Nyai Ageng Ngerang, di Dukuh Ngerang, Desa/Kecamatan Tambakromo, tapi di Tahun 2021 nanti cukup banyak karena ada 46 nama jalan yang diusulkan.

Di antaranya, adalah salah satu nama jalan Sunan Prawoto untuk jalan antara Sukolilo-Prawoto, sehingga siapa saja yang saat ini baru belajar dan ingin tahu bahwa nama Sunan Prawoto nyang tak lain adalah trah Demak Bintoro memang adanya di Desa Prawoto, Kecamatan Sukolilo. ”Dari 21 kecamatan di Kabupaten Pati yang tidak mengusulkan nama jalan karena memang sudah ada atau karena hal lain, adalah Kecamatan Pati, Juwana, Margorejo, Wedarijaksa, Trangkil, Margoyoso, Gunungwungkal, dan Kecamatan Cluwak,”imbuh Joko Susanto.