Akses Jalan ke Objek Wisata Goa Pancur Mulai Diperkuat Lapisan Aspal

0
171
Pengaspalan akses ruas jalan objek wisata Goa Pancur, di Desa Jimbaran, Kecamatan Kayen, Jumat (27/11) hari ini dimulai dengan beton aspal untuk lapisan aus (Ac-Wc).

SAMIN -NEWS.com, PATI – Selesai  pelebaran seluruh ruas jalan menuju objek wisata Goa Pancur dari tiga meter menjadi lima meter, mulai Jumat (27/11) pagi tadi dilanjutkan dengan pengaspalan. Hal itu dilakukan karena cuaca cukup mendukung, sehingga perkiraan tidak akan turun hujan hingga siang dan sore hari, mengingat material aspal yang harus digunakan,  adalah beton aspal untuk lapisan aus (Ac-WC) dengan ketebalan 4 cm.

Hal itu merupakan lapisan paling atas dari struktur perkerasan  yang berhubungan langsung dengan roda kendaraan, sehingga mempunyai tekstur yang lebih halus dibanding dengan beton aspal lapis pengikat (Ac-Bc). Dengan demikian, jika selesai lapis aspal tertsebut digelar dan kemudian tidak diguyur hujan, hasilnya pasti benar-benar maksimal.

Karena itu, kata pelaksana lapangan rekanan yang melaksanakan pekerjaan tersebut, Eddy, pihaknya hari ini akan menggelar material Ac-Wc tersebut untuk mendapatkan panjang 650-meter. ”Sampai jam istirahat siang tadi, kami baru mendapatkan panjang sekitar 200 meter, sehingga sampai sore ini target itu bisa kami capai,”ujarnya.

Pengaspalan akses ruas jalan objek wisata Goa Pancur, di Desa Jimbaran, Kecamatan Kayen, Jumat (27/11) hari ini dimulai dengan beton aspal untuk lapisan aus (Ac-Wc).

Akan tetapi, lanjutnya, asal tidak turun hujan, untuk target 650 meter panjang aspal untuk lapis aus (Ac-Wc) tersebut bisa dicapai. Sedangkan bila di tengah waktu pelaksanaan pekerjaan turun hujan, maka pekerjaan terpaksa harus dihentikan secara total, karena kondisi beton aspal untuk lapis aus jika sudah terkena guyuran hujan, daya rekat dan daya ikatnyanya tetap berkurang.

Mengingat hal tersebut, perkiraan bahwa sejak siang sampai sore tidak turun hujan benar-benar dimanfaatkan secara maksimal. Sedangkan cuaca mendung juga masih bisa menunjang pelaksanaan pekerjaan pengaspalan, sehingga hasilnya adalah sebagaimana yang tampak saat ini bahwa pori-pori beton aspal untuk lapis aus juga maksimal.

Menjawab pertanyaan, Eddy menambahkan, untuk pelaksanaan pengaspalan memang harus dimulai dari ujung gerbang masuk ke objek wisata Goa Pancur menuju arah keluar goa, atau menuju jalan raya Pati-Grobogan. ”Dengan demikian, untuk pengaspalan berikutnya adalah dari ruas pengaspalan terakhir hari ini tinggal melanjutkan,”imbuhnya.