Aiptu Moch Riva’i SH; Irup Peringatan Hari Pahlawan di SMP IT Insan Mulia Abu Bakar

0
95
Kanit Binmas Polsek Margorejo, Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu) Moch Riva'i SH saat bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) pada peringatan Hari Pahlawan, Selasa (10/11) hari ini di SMP IT Insan Mulai Abu Bakar Pati.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Saat bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) memperingati Hari Pahlawan Tahun 2020, di SMP IT Insan Mulia Abu Bakar Kabupaten Pati, Kanit Binmas Polsek Margorejo, Ajun Komisaris Satu (Aiptu) Moch Riva’i SH mengingatkan kepada para siswa, bahwa untuk bisa mengenang jasa para pahlawan, salah satu cara adalah memaknainya setiap berlangsung upacara bendera seperti sekarang. Berkibarnya bendera Merah Putih, tersebut hal itu merupakan hasil perjuangan gigih para pahlawan yang harus selalu kita kenang.

Dengan demikian, lanjut dia, pihaknya juga mengingatkan, para generasi penerus agar bisa melanjutkan cita-cita perjuangan para pahlawan. Yakni, dengan bersatu padi, bergotong-royong, saling menolong antarsesama, saling menghargai dan saling menghormati antara satu sama lainnya, antara yang muda terhadap mereka yang kebih tua.

Karena memang melalui upaya dan kebersamaan tersebut, serta selalu mengenang jasa para pahlawan yang tekah gugur mendahului kita, itulah salah satu cara mengisi kemerdekaan yang juga merupakan perjuangan antara hidup dan mati para pahlawan. ”Karena itu, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya,”tadas Moch Riva’i.

Para petugas upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November , di SMP IT Insan Mulia Abu Bkar, Selasa (10/11) hari ini.

Selain itu, selaku Irup dalam upacara tersebut, pihaknya juga membacakan Amanat Menteri Sosial RI, Juliari P Batubara, di antaranya bahwa Hari Pahlawan kiranya tidak hanya sekadar diingat pada setiap tanggal 10 November saja, tapi lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan negara kesatuan Republik Indonesia perlu terus dikenang sepanjang masa. Hal itu sesuai tema Hari Pahlawan 10 November 2020, yaitu ”Pahlawanku Sepanjang Masa.”

Apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua, untuk meneruskan perjuangan mereka. Kalau dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata, maka kita sekarang berjuangan dengan melawan berbagai permasalahan bangsa seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal, dan termasuk berjuang melawan pandemi Covid-19 yang saat ini melanda dunia.

Berfoto bersama selesai upacara peringatan Hari Pahlawan di SMP IT Insan Mulai Abu Bakar, Selasa (10/11) hari ini.

Pada akhir sambutannya, Menteri Sosial RI menegaskan, kita buktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang tangguh, berdaya saing, penuh dengan daya kreasi yang tudak kalah dengan bangsa-bangsa lain di dunia. ”Selamat Hari Pahlawan Tahun 2020 semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan dan kekuatan-Nya kepada bangsa Indonesia,”tandasnya.