TPI Unit II Juwana Tetap Menyediakan Kantong Parkir Kontainer

0
31
Akses ruas jalan Karangmangu yang ditingkatkan dengan rigid beton sebenarnya sudah mampu untuk dilewati kontainer pengangkut ikan masuk ke TPI Unit II Juwana, tapi ditolak warga.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pihak Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Pati melalui Bidang Pengelolaan dan Pengembangan TPI, akhirnya tetap harus menyediakan kantor parkir untuk kontainer pengangkut ikan. Mulai sore ini, puluhahan kontainer pengangkut ikan akan datang dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menuju Juwana.

Dengan demikian, kantong parkir sudah disediakan di dua lokasi di Desa Mintomulyo, Kecamatan Juwana, karena kontainer tersebut tidak bisa masuk ke kawasan TPI Unit II mengingat akses ruas jalan untuk kepentingan itu hanya  ada satu jalur. Yakni, melalui Jl Hang Tuah menuju TPI tapi kendaraan yang melintas adalah dua lajur, masing-masing yang hendak masuk maupun keluar dari TPI semuanya lewat ruas jalan itu.

Mengingat kondisi ruas jalan terhitung sempit, papar Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan dan Pengembangan TPI DKP Kabupaten Pati, Dwi Endang Subekti, maka warga di sepanjang ruas jalan itu menolak jika digunakan lewat kontainer pengangkut ikan. ”Lain halnya jika kontainer masuk lewat jalan di Bajomulyo dan keluar dari TPI lewat Jl Hang Tuah,”ujarnya.

Hanya saja lanjutnya, hal itu tidak mungkin dilakukan, karena akses ruas jalan di Bajomulyo juga baru ditingkatkan yang rencananya juga dengan konstruksi rigid beton. Dengan demkian akses ruas jalan tersebut juga ditutup, bahkan mulai pekan depan sudah dilakukan penutupan total sehingga tidak mungkin kontainer bisa masuk ke dalam kawasan lingkungan TPI Unit II.

Lain halnya, jika untuk kendaraan berukuran kecil minimal Colt Disel dengan kondisi ruas jalan tersebut masih bisa lewat meskipun harus bersimpangan, baik dari utara maupun selatan. Akan tetapi jika sudah menyangkut masuknya kendaraan berukuran besar, risikonya adalah memunculkan masalah, yaitu terjadinya kemacetan dan kesemrawutan arus lalu lintas.

Sebab, akses ruas jalan tersebut tiap hari cukup padat terutama yang menuju ke TPI Unit II atau ke tempat pemindangan ikan dan juga ke lokasi kegiatan usaha lainnya di sebelah utara TPI. ”Karena itu, kami harus menerima masukan dari warga berkait kedatangan kontainer pengangkut ikan dari Surabaya, dan ikan tersebut hasil tangkapan kapal dari Pati yang melaut hingga ke Papua,”imbuhnya.