Terkait BOS Pendamping, Pemda Akan Upayakan Sesuai Keuangan Daerah

0
27
Ilustrasi : Seorang siswa yang sedang mengikuti pembelajaran secara daring.
Ilustrasi : Seorang siswa yang sedang mengikuti pembelajaran secara daring.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Seperti kita ketahui bahwa sebelumnya Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pendamping yang bersumber dari APBD kabupaten mengalami pemotongan hingga 60 persen akibat refocusing anggaran.

Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Pati saat mengikuti rapat paripurna beberapa waktu yang lalu menyampaikan harapannya agar BOS Pendamping tahun 2021 bisa dikembalikan sesuai pagu awal anggaran.

“Kami berharap agar BOS Pendamping bisa dikembalikan seperti sedia kala, hal tersebut mengingat banyaknya pihak yang mengeluhkan pemotongan tersebut. Selain itu, pembelajaran daring dalam kondisi pandemi sebenarnya justru memerlukan biaya ekstra,” tutur Haryono, Anggota Fraksi PKB DPRD Pati.

Menyikapi usulan tersebut, Bupati Pati Haryanto menyebut bahwa pihaknya akan mengupayakan hal tersebut sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

“Mengenai alokasi dana BOS yang bersumber dari APBD, Pemerintah Kabupaten Pati melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud)akan berusaha memenuhi sesuai dengan kemampuan keuangan daerah,” pungkasnya. (ADV)