Sudah Ada Rekanan yang Melaksanakan Pekerjaan Drainase Dalam Kota Pati

0
34
Pelaksanaan pekerjaan drainase dan trotoar Jl Tentara Pelajar dalam Kota Pati yang sudah dimulai pekan lalu.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kendati baru ada rekanan pemenangan tender pekerjaan pembangunan drainase dan trotoar jalan dalam Kota Pati. menandatangani kontra kerja dengan pihak pengguna anggaran, Sabtu (10/10) lalu, ternyata ada pula rekanan yang sudah melaksanakan pekerjaan yang sama. Sebab, hari kalender kerja yang tersedia pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya itu harus dimulai Rabu (7/10) dan berakhir Kamis (31/12) mendatang.

Dengan demikian, bagi rekanan yang melaksanakan kontrak lebih awal pun harus cepat-cepat mulai melaksanakan pekerjaan tersebut, mengingat hari kalender yang tersedia benar-benar sangat terbatas. Karena itu yang penting, paling lambat pertengahan Desember atau selama 60 hari kalender paket pekerjaan itu harus benar-benar sudah tuntas secara fisik, dan disusul tuntas laporan administrasinya.

Hal tersebut dibenarkan, Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Arief Wahyudi, sehingga rekanan lainnya pun diharapkan segera melakukan persiapan, yaitu rekanan sebagai pemenang tender paket pekerjaan yang sama lainnya. ”Sedangkan rekanan yang sudah melaksanakan paket pekerjaan dari tender lelang yang dimenangkan, adalah untuk drainase dan trotoar di Jl Tentara Pelajar Pati,”ujarnya.

Adapun rekanan lainnya, lanjut Arief Wahyudi, masing-masing baru menandatangani kontrak pada Sabtu (10/10) lalu, yaitu untuk paket pekerjaan pembangunan drainase dan trotoar di Jl P Sudirman. Berikutnya juga pembangunan fasilitas yang sama, untuk ruas Jl Jiwonolo, kemudian di Jl KH Wahid Hasyim, dan juga di Jl Syeh Jangkung.

Mengingat hari kalender yang tersedia untuk masing-masing paket pekerjaan sangat terbatas, maka efektifitas dalam pelaksanaan pekerjaan tersebut harus benar-benar dimaksimalkan. Di sisi lain, untuk kondisi di lokasi pekerjaan yang berlangsung dalam kota biasanya yang menjadi kendala adalah munculnya kendala, arus lalulintas dan juga parkir kendaraan serta lalu-lalang warga di sepanjang ruas jalan tersebut.

Karena itu, koordinasi dengan jajaran pihak terkait utamanya Dinas Perhubungan Kabupaten Pati dan jajaran Satlantas juga harus dimaksimalkan. ”Demikian pula untuk pemasangan rambu-rambu baik pada siang hari maupun malam hari juga harus diperhatikan untuk menghindari terjadinya hal-hal tak diinginkan,”tandasnya.