Komisi A DPRD Pati Sebut TNI Telah Bertransformasi Menjadi Tentara Profesional

0
15
Komisi A DPRD Pati, Bambang Susilo.
Ketua Komisi A DPRD Pati, Bambang Susilo.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pada momen HUT Ke-75 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Pati, Bambang Susilo menyebut bahwa TNI di masa kini telah jauh meninggalkan citra diri dari masa lalu.

Ia menyebut bahwa TNI di masa sekarang telah bertransformasi menjadi tentara yang profesional. “TNI merupakan bagian yang tak terpisahkan dari realitas kehidupan masyarakat dan bangsa. Terdapat kecenderungan kuat TNI untuk bergerak dan berproses secara konsisten, melepaskan diri dari sisa-sisa kebiasaan masa lalu dan secara bertahap menuju tentara profesional,” tuturnya saat dikonfirmasi Samin News, Senin (5/10/2020).

Lebih lanjut Bambang mengatakan bahwa perubahan besar yang dialami TNI terjadi di era reformasi seiring dengan perubahan pesat di tingkat global.

Peran TNI di era Reformasi, menurutnya telah bergeser dari tentara pretoria yakni tentara yang ikut terlibat dalam intervensi politik menuju ke arah profesional.

Ia pun menjelaskan bahwa militer profesional patriot adalah tentara yang memiliki prinsip-prinsip profesionalisme sebagai militer, konsisten berada dalam kontrol sipil objektif, dan tunduk pada supremasi sipil, dan tulus mengabdikan diri untuk membela kedaulatan, ideologi dan keutuhan NKRI.

Oleh karenanya, ia berharap dengan momen HUT Ke-75 kali ini, TNI akan mampu menunjukkan komitmennya dalam mengabdikan diri untuk membela kedaulatan, ideologi dan keutuhan NKRI. (ADV)