Fraksi NasDem Dorong Pemda Tetap Anggarkan BOS Pendamping

0
25
Anggota Fraksi NasDem DPRD Pati, Sutikno.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa sektor pendidikan memang menjadi salah satu yang paling terdampak akibat pandemi covid-19. Mulai proses belajar mengajar yang terganggu, hingga refocusing anggaran tentu menjadi sebuah permasalahan tersendiri bagi sektor pendidikan di masa pandemi seperti sekarang ini.

Untuk itu, dalam Rapat Paripurna yang digelar oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati beberapa waktu yang lalu, Fraksi NasDem turut menyoroti terkait sektor pendidikan di Kabupaten Pati.

Dalam kesempatan tersebut, Fraksi NasDem yang diwakilkan oleh Sutikno menyebut bahwa pihaknya merekomendasikan kepada pemerintah daerah untuk tetap menganggarkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS)  Pendamping yang bersumber dari dana APBD.

“Memberikan perhatian dan pelayanan pendidikan yang layak, tentu menjadi tanggung jawab kita bersama. Hal tersebut sesuai dengan Pasal 46 ayat (1) UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Bupati Pati Nomor 28 Tahun 2017,” tuturnya.

Seperti kita ketahui bahwa akibat pandemi covid-19, BOS pendamping yang bersumber dari dana APBD Kabupaten Pati memang terkena refocusing hingga 60 persen. (ADV)