Fraksi Demokrat Sebut Sistem Rujukan Puskesmas ke RSUD Masih Lambat

0
27
Bangunan IGD RSUD Soewondo Pati tampak dari depan.
Bangunan IGD RSUD Soewondo Pati tampak dari depan.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kesehatan merupakan salah satu bagian dari hak asasi warga bernegara, oleh sebab itu negara melalui pemerintah sudah seharusnya menjamin dan menyediakan sarana dan layanan kesehatan yang maksimal kepada masyarakat.

Berkaitan dengan hal tersebut, Fraksi Partai Demokrat DPRD Pati saat mengikuti Rapat Paripurna di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Pati menyebut  bahwa pemerintah seharusnya segera membenahi sistem rujukan dari Puskesmas ke Rumah Sakit.

Ketua Fraksi Demokrat DPRD Pati, Aris Sukrisno.
Anggota Fraksi Demokrat DPRD Pati, Aris Sukrisno.

Ketua Fraksi Demokrat DPRD Kabupaten Pati, Aris Sukrisno menyebut bahwa pihaknya seringkali mendapatkan keluhan dari masyarakat mengenai lambatnya sistem rujukan yang mengakibatkan keterlambatan penanganan pasien.

“Selama ini, kami seringkali mendapat keluhan mengenai lambatnya sistem rujukan yang mengakibatkan terlambatnya penanganan pasien, bahkan bisa dikatakan banyak pasien yang terlantar,” tuturnya, Selasa (6/10/2020).

Untuk itu, pihaknya mendorong adanya sistem rujukan yang baik dari Puskesmas ke RSUD Sowondo maupun RSUD Kayen. “Selain itu, lamanya proses juga mengakibatkan banyaknya pasien yang memilih untuk pindah ke RS swasta bahkan ke RS dari Kabupaten lain,” pungkasnya. (ADV)