Dewan Pati Usulkan Pembangunan Jalan Usaha Tani

0
16
Ilustrasi : sebuah jalan usaha tani yang dibuat untuk memaksimalkan potensi pertanian.
Ilustrasi : sebuah jalan usaha tani yang dibuat untuk memaksimalkan potensi pertanian.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Seperti kita ketahui bahwa akes jalan merupakan salah satu instrument penting dalam mendukung laju perekonomian di suatu daerah. Hal tersebutlah yang nampaknya mendasai usulan Fraksi NasDem  DPRD Pati terkait bidang pekerjaan umum dan penataan ruang.

Dalam Rapat Paripurna yang digelar oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati yang membahas terkait Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Racangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun Anggaran 2021 di Ruang Rapat Paripurna, Fraksi NasDem turut memberikan usulan pembangunan beberapa titik jalan di Kabupaten Pati.

Anggota Fraksi NasDem DPRD Pati, Sutikno.
Anggota Fraksi NasDem DPRD Pati, Sutikno.

“Mengingat pentingnya keberadaan akses jalan dalam laju pertumbuhan ekonomi, maka Fraksi NasDem DPRD Kabupaten Pati mengusulkan pembangunan jalan usaha tani,” tutur anggota Fraksi NasDem, Sutikno, Selasa (6/10/2020).

Jalan usaha tani secara fungsi merupakan prasarana transportasi pada kawasan pertanian (tanaman pangan, hortikultura, perkebunan rakyat, dan peternakan) untuk memperlancar mobilitas alat dan mesin pertanian, pengangkutan sarana produksi menuju lahan pertanian, dan mengangkut hasil produk pertanian dari lahan menuju tempat penyimpanan, tempat pengolahan, atau pasar.

Selain itu, Fraksi NasDem juga memberikan rekomendasi untuk melakukan pengaspalan dan pelebaran jalan Bondol-Gunungwungkal, dan jalan kabupaten ruas Gabus-Tambakromo-Maitan. (ADV)