Dewan Pati Dorong Recovery Permodalan UMKM

0
16
Ilustrasi : contoh produk UMKM yang memiliki kualitas terbaik.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Tidak bisa dipungkiri bahwa Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran vital dan strategis dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. Tidak hanya di negara berkembang seperti Indonesia, bahkan sama halnya di negara-negara maju.

Mengingat dampak pandemi covid-19 yang juga berdampak langsung kepada pelaku UMKM, Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DPRD Kabupaten Pati turut menyoroti mengenai recovery terhadap UMKM yang terdampak langsung oleh pandemi virus corona.

Anggota Fraksi PPP DPRD Pati, Muslihan
Anggota Fraksi PPP DPRD Pati, Muslihan

Hal tersebut disampaikan oleh Anggota Fraksi PPP DPRD Pati, Muslihan saat menyampaikan pandangan fraksi dalam Rapat Paripurna yang digelar belum lama ini.

“Dalam hal ini tentu kita harus memikirkan kegiatan recovery permodalan bagi UMKM dan pelaku usaha sebagaimana kebijakan pemerintah yang terdiri dari fase survival, recovery dan pengingkatan kemampuan,” tuturnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa pada fase kedua yakni recovery yang nantinya akan diidentifikasi kesiapan pelaku UMKM dan pelaku usaha dengan pinjaman modal berbunga rendah melalui stimulasi dari Bank Pembangunan Daerah (BPD)  Jawa Tengah dan BPR Bank Daerah Pati. (ADV)