Camat Jakenan Berterimakasih Kepada Pihak yang Sudah Membantu Air untuk Warganya

0
66
Camat Jakenan, Aglis Mulyana.
Tanki air berpelat merah yang menyalurkan air dari pihak ketiga untuk warga di Kecamatan Jakenan.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Jika selama ini banyak pihak yang menyalurkan bantuan air bersih untuk warga di beberapa desa di wilayah Kecamatan Jakenan, maka sebagai camat setempat sudah semestinya jika menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak yang sudah menyalurkan bantuan tersebut. Sedangkan pihak kecamatan sendiri juga sudah menyampaikan pemberitahuan kepada para kepala desa, jika ada yang membutuhkan bantuan air bersih.

Akan tetapi, ungkap Camat Jakenan, Aglis Mulyana, belum ada yang menyampaikan permohonan bantuan tersebut. Jika ada yang mengajukan, pihaknya sudah pasti segera menindaklanjutinya dengan mengajukan permohonan bantuan air bersih untuk keperluan sehari-hari itu, langsung ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pati.

Kendati pihak desa belum melakukan permohonan bantuan, tapi masalah kebutuhan air bersih untuk warga sudah banyak pihak yang merespons, tapi langsung baik kepada kepala desa maupun tokoh masyarakat setempat. ”Dengan demikian, kebutuhan air bersih untuk warga sampai saat ini memang tidak ada laporan kekurang, tapi kalau warga membutuhkan tetap masih membutuhkan karena turunnya hujan belum maksimal,”ujarnya.

Terlepas dari hal itu, lanjut Aglis Mulyana, sampai saat ini masih ada organisasi kemasyarakatan (Ormas) maupun paguyuban lainnya yang sudah terdaftar di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Pati juga menyalurkan bantuan air bersih ke beberapa desa di Kecamatan Jakenan dan Kecamatan Winong. Pihaknya menerima pemberitahuan adanya penyaluran bantuan air tersebut.

Di antaranya, untuk Kecamatan Jakenan adalah di Desa Kedungmulyo, Sidoarum, Telogorejo, dan Desa Sendangsoko. Sedangkan untuk Kecamatan Winong, selain Desa Degan, ada pula Desa Pekalongan, Tawangrejo, dan Sumbermulyo yang masyakatnya masih membutuhkan air bersih.

Kesbangpol, juga mencantumkan Ormas yang mengirimkan bantuan air di kedua kecamatan ini bertetangga, masing-masing adalah Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRT), Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pati, Wanita Teravada Cluwak, dan Yayasan Bani Kadso Kayen. Selain itu ada pula Jam’iyyah Mudarasatil Qur’an Lil Hafiizhat Margoyoso, Perkumpulan Sedulur Keluarga Pati (Wedarijaksa).

”Selebihnya ada pula Yayasan Penjawi Pati, dan juga  Alisa Khadijah  ICMI Kabupaten Pati (Kayen),” kutip Aglis Mulyana.