Rumput Sintesis Siap Digelar di Lapangan Stadion Joyokusumo

0
36
Bagian sisi utara lapangan Stadion Joyokusumo yang sudah siap dipasangi/digelar rumput sintesis.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Dalam waktu tidak terlalu lama lagi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati, akan memiliki faslitas lapangan Stadion Joyokusumo yang benar-benar sangat representatif. Sebab lapangan rumput tersebut dibangun dengan biaya lebih dari Rp 8 miliar dengan menggantikan rumputnya dengan rumput sintesis atau rumput buatan pabrik, sehihgga secara fisik stadion tersebut benar-benar menjadi stadion modern.

Apalagi, dari sistem peresapan yang dipasang di seluruh luas lapangan juga benar-benar maksimal sehingga bila turun hujan, maka tidak akan ada lagi sisa air genangan atau lapangan becek. Demikian pula saluran pembuang (drainase) sekelilingnya  juga benar-benar maksimal, dan jika hanya ada yang kurang setelah rumput sintesis dipasang adalah sarana pendukung lainnya, yaitu lintasan yang khusus untuk cabang atletik.

Sedangkan yang berkait dengan pemasangan lampu stadion, kata salah seorang anggota Komisi C DPRD Pati, H Suwito SH fasilitas tersebut belum mendesak betul. ”Alasannya, karena semisal Pati harus menjadi tuan rumah untuk saat ini masih terbatas dalam penyelenggaraan Liga 3, sehingga pertandingan tidak harus dimainkan pada malam hari,”ujarnya.

Bagian tengah lapangan Stadion Joyokusumo yang sudah siap dipasangi/digelar rumput sintesis.

Lain halnya, lanjut Suwito, Jika Persipa sudah naik kasta ke Liga 2 dan Pati bisa menjadi tuan rumah dalam kompetisi tersebut, maka stadion sudah butuh lampu karena untuk Liga 2 memang bisa dimainkan pada malam hari. ”Karena itu yang mendesak untuk disiapkan berikutnya, adalah lintasan untuk cabang atletik yang kondsinya sudah tidak layak lagi,”tandasnya.

Terpisah salah seorang pelaksana lapangan paket pekerjaan tersebut, Ahmad menegaskan, untuk saat ini pihaknya sudah bersiap-siap untuk menggelar rumput sintensis di lapangan stadion. Karena material tersebut produk pabrikan, maka untuk menangani pekerjaan itu ada sendiri ahlinya yang sudah menjadi bagian dari kontrak pengadaan meterial itu.

Mengingat lapangan yang sudah siap untuk dilakukan pemasangan rumput sintesis ada pada bagian lapangan sisi utara, maka penyiapannya secara maksimal sudah dilakukan, yaitu untuk tahap akhir adalah penempatan material jenis abu batu. ”Dengan demikian,¬† untuk komponen material lainnya seperti silika dan ‘ruber’ adalah menjadi bagian dari rumput sintesis itu,”imbuhnya.