Peningkatan Ruas Jalan di Pati Sudah Memasuki Tahapan Pelaksanaan

0
47
Akses ruas jalan di Desa Bajomulyo, Kecamatan Juwana, Pati yang menuju ke kolam tambat kapal dan saat ini masih dalam tahapaan proses ditenderkan.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pihak Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati, kini tengah berupaya menuntaskan peningkatan akses ruas jalan agar bisa segera dilaksanakan pembangunannya. Paling lambat akhir bulan ini, semua akses ruas jalan sudah selesai tahapan proses tendernya dan juga mulai kontrak pelaksanaan pekerjaannya oleh rekanan pemenang tender proyek tersebut.

Bahkan, papar Kepala Seksie (Kasie) Jalan Bidang Binamarga DPUTR setempat, Hasto Utomo, siang hari tadi telah dilakukan pembukaan penawaran beberapa paket peningkatan ruas jalan. Di antaranya, adalah peningkatan ruas jalan dengan konstruksi rigid beton, di Desa Bajomulyo, Kecamatan Juwana yang pagu anggarannya mencapai Rp 8 miliar.

Sumber dana untuk paket pekerjaan itu berasal dari Bantuan Prov (Banprov) dan termnasuk juga peningkatan akses ruas jalan menuju Gua Pancur sebesar Rp 5 miliar. ”Selebihnya ada pula peningkatan ruas jalan Karangrejo-Kuniran, Angkatan Lor-Godo, Tambakromo-Kayen, Purwodadi, Kecamatan Margoyoso-Klumpit, Kecamatan Tlogowungu,”ujarnya.

Untuk empat paket akses ruas jalan tersebut, lanjutnya, masing-masing rekanan pemenang tender sudah menandatangani kontrak pelaksanaan pekerjaan, Rabu (9/9) lalu. Sedangkan dua lainnya, masing-masing jalan Desa Bajomulyo yang menuju kolam tambat kapal, serta jalan ke Gua Pancur baru siang ini dilakukan pembukaan penawaran.

Selebihnya, khusus akses jalan dengan konstruksi rigid beton pihaknya juga optimistis banyak rekanan yang mengajukan penawaran meskipun sisa hari kalender sangat terbatas. Akan tetapi, jika pada akhir bulan ini bisa berlangsung penandatanganan kontrak, maka paling tidak hari kalender pelaksanaan pekerjaan hingga pertengahan Desember mendatang tetap bisa dituntaskan.

Hanya saja, untuk pelaksanaan pelebaran akses ruas jalan tersebut menjadi tujuh meter tetap diikuti dengan pemasangan talut pada kedua sisinya, utamanya mulau dari pertigaan di Desa Bajomulyo menuju ke TPI. ”Dengan demikian, untuk pekerjaan yang lain tentu harus dimaksimalkan bila perlu dilakukan pada malam hari,”tandasnya.