Pemasangan Rumput Sintetis Stadion Joyokusumo Berlangsung Pagi dan Sore Hari

0
1127
Pengambilan foto udara untuk pemasangan rumput sintetis Stadion Joyokusumo Pati yang dimulai Jumat (18/9) tadi pagi dari lapangan sebelah utara.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Permintaan waktu untuk bekerja melaksanakan pemasangan rumput sintetis lapangan Stadion Joyokusumo pada malam hari oleh pihak penerima order metereial rumput pabrik, tetap tidak disetujui oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK). Yakni, Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati, serta pihak rekanan yang melaksanakan kontrak pembangunan lapangan rumput stadion tersebut.

Alasan utama yang mendasar, karena saat ini bila malam hari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat melakukan jam malam, untuk mencegah banyaknya orang berkerumun yang tanpa mengindahkan ketentuan jaga jarak. Selain itu, upaya memaksimalkan Gerakan Memakai Masker saat ini juga tengah digalakkan di semua tempat, untuk memutus merebaknya penyebaran virus Corona (Covid-19).

Dengan demikian, ungkap pihak jajaran dari unsur PPK Bidang Cipta Karya DPUTR setempat, Budi, pelaksanaan pekerjaan tetap harus dilaksanakan pada pagi maupun sampai sore hari. ”Dengan alasan sengatan sinar matahari cukup panas, maka pagi hari pelaksnaan pekerjaan harus dimulai lebih awal, yaitu pukul 07.30 hingga pukul 10.00 atau hanya berlangsung 2,5 jam,”ujarnya.

Pengambilan foto udara untuk pemasangan rumput sintetis Stadion Joyokusumo Pati yang dimulai Jumat (18/9) tadi pagi dari lapangan sebelah utara.

Sedangkan sore harinya, lanjut dia, pekerjaan dimulai lagi pukul 15.00 s/d 17.30 atau selama 2,5 jam sehingga waktu efektif untuk melaksanakan pekerjaan tersebut dalam waktu sehari hanyalah selama lima jam. Akan tetapi, syaratnya jika nanti waktu hari kalender pekerjaan semakin berkurang dan pemasangan rumput sintetis masih harus berlangsung tetap harus lebih dimaksimalkan.

Dari perhitungan waktu sementara, untuk melaksanakan pekerjaan dengan pembatasan waktu karena pengaruh sengatan terik matahari, hasilnya akan efektif bisa menuntaskan pelaksanaan pekerjaan itu selama satu bulan. Dengan demikian, perkiraan  sampai dengan pertengahan Oktober mendatang pekerjaan pemasangan rumput sintetis stadion ini sudah akan bisa dituntaskan.

Padahal, sisa hari kalender pelaksanaan pekerjaan masih longgar karena hingga Desember mendatang sehingga sisa waktu masih maksimal bila ada kekurangan hasil pekerjaan tidak maksimal tetap masih ada kesempatan untuk dilakukan pembenahan. ”Sebab, rumput sitetis yang digelar volume seluruhnya  panjang lapangan 105 meter dan lebar 70 meter,”imbuh Budi.