Lima OPD Jadi Pilot Project Penerapan Aplikasi E-kinerja

0
31
Aplikasi E-kinerja tampak dekat.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sedikitnya ada 5 (lima) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pati yang menjadi pilot project pemerintah menerapkan program e-kinerja. Kelimanya adalah Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Inspektorat Daerah, BPKAD, Sekda, serta BKPP. Dimana pada tahapan awal ini akan menjadi subjek menerapkan program tersebut.

“Aplikasi e-kinerja yang mana yang membuatnya adalah dari Diskominfo. Tapi, terintegrasi dan liding sektor programnya akan dipegang oleh BKPP selaku badan yang menaungi Kepegawaian,” kata Kepala Bidang (Kabid) Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Dinas Kominfo Willy Yoga Susetya saat dikonfirmasi Saminnews, Rabu (2/9).

Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati punya agenda pilot project sebagai pelaksanaan kegiatan percontohan yang dirancang sebagai tahap pengujian. Guna mengetahui keefektifan dari pelaksanaan program aplikasi e-kinerja.

Tujuan aplikasi e-kinerja, kata Willy adalah untuk mengukur kinerja pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintahan Pati. Secara utamanya adalah kelima dinas terkait yang menjadi pilot project. Hal tersebut sebagai bahan penilaian pemerintah daerah dalam memberikan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP).

Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Diskominfo, Willy Yoga Susetya.

Ada dua komponen yang menjadi tolok ukur penilaian aplikasi e-kinerja. Yaitu perilaku serta kinerja pegawai ASN itu sendiri. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, tiap-tiap pegawai meng-input laporan terkait presensi atau kehadiran beserta aktifitas kegiatan yang dijalankan dengan metode isian harian, imbuhnya.

“Pemberian TPP dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan dan merupakan penghargaan sesuai perilaku dan aktivitas kerja harian. Tujuan Pemberian TPP untuk meningkatkan produktivitas kerja dan disiplin ASN,” jelas Willy.

Pelaksanaan pilot project program penerapan aplikasi e-kinerja bagi kelima OPD, pihaknya menyebut baru dilaksanakan selama satu bulan ini. Tepatnya per tanggal 1 Agustus lalu. Sementara itu, target penggunaan e-kinerja bagi semua OPD diproyeksikan per tanggal 1 Oktober telah menerapkan program itu.