Layanan Kesehatan Puskesmas Dukuhseti Sudah Dibuka Kembali

0
125
Camat Dukuhseti Agus Purwanto (tengah)

SAMIN-NEWS.com , PATI – Pelayanan Puskesmas Kecamatan Dukuhseti sudah dinyatakan dibuka kembali. Pembukaan fasilitas layanan kesehatan itu pada Selasa (25/8) pekan lalu. Dengan demikian, warga setempat sudah bisa mendapatkan haknya dalam mengakses kesehatan oleh fasilitas yang disediakan.

Camat Dukuhseti Agus Purwanto menegaskan pembukaan puskesmas itu sesuai dengan masa penutupan yang ditentukan. Artinya setelah beberapa hari warga setempat tidak bisa mengakses fasilitas kesehatan (faskes).

“Alhamdulillah sudah buka kembali layanan umum dibuka tanggal 25 Agustus. Namun untuk rawat jalan, rawat inap serta layanan kelahiran belum bisa dilayani oleh petugas puskesmas,” katanya saat dikonfirmasi Saminnews, Selasa (1/9/2020).

Untuk layanan rawat jalan maupun kelahiran, lanjutnya akan dibuka mulai Jumat (4/9) yang akan datang. Dan pada ketika masa penutupan Puskesmas Dukuhseti itu, faskes dialihkan di dua Kecamatan tetangga, masing-masing di Puskesmas Margoyoso I dan Puskesmas Tayu I.

Adapun penutupan Puskesmas Dukuhseti itu lantaran sebelumnya terdapat 9 (sembilan) tenaga medis terpapar virus Covid-19. Hingga demikian pimpinan kecamatan berkehendak untuk dilakukan penutupan sementara waktu. Demi melindungi warga serta memutus penyebarannya.

Sebelumnya, penutupan itu dilakukan selama 4 (empat) hari. Dimulai dari tanggal 21 s/d 24 Agustus yaitu selama empat hari masa kerja. Adapun kesembilan tenaga medis itu selanjutnya dilakukan swab test yang hasilnya sendiri sudah keluar Kamis (27/8) lalu.

“Kesembilan tenaga medis diswab test dan hasilnya dinyatakan negatif semua. Swap terakhir negatif yang hasilnya keluar tanggal 27 kemarin mas, biasanya masa waktu menunggu hasil swab selama empat hari,” tutupnya.