22 Pedagang Pasar Bulumanis Baru Sebagian Menjalani Swab Test

0
121
Sebanyak 22 pedagang Pasar Daerah di Desa Bulumanis Kidul, Kecamatan Margoyoso, Pati yang reaktif saat menjalani Rapid Test.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Saat melakukan Rapid Test beberapa waktu lalu, sedikitnya 22 pedagang Pasar Daerah di Desa Bulumanis Kidul, Kecamatan Margoyoso Pati, hasilnya dinyatakan reaktif. Atas kesepakatan bersama, mereka sanggup melakukan karantina mandiri, di rumah masing-masing .

Senin (31/8) kemarin, oleh petugas dari Puskesmas Kecamatan Margoyoso sudah melakukan swab test terhadap pedagang yang bersangkutan, tapi baru sebagian sehingga hal tersebut secepatnya harus segera dilaksanakan. Sedangkan hari ini, Selasa (1/9) merupakan hari terakhir ditutupnya pasar itu yang sudah dilakukan sejak, Minggu (30/8) lalu.

Dengan demikian, kata personel Bidang Pengelolaan Pasar Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagoperin) Kabuaten Pati, Widyo, mulai Rabu (2/9) besok dan seterusnya pasar yang dihuni tidak kurang dari 500 pedagang akan mulai dibuka lagi. ”Karena itu kami tetap meminta dan mengimbau agar para pedagang dan pengunjung tetap waspada,”tandasnya.

Tetaplah mematuhi protokol kesehatan, lanjutnya, sehingga jangan sampai tidak memakai masker dan hindari kontak dekat saat bertransasksi, karena hal itu juga tidak sulit dilakukan. Misalnya, di salah satu tempat pedagang memang ramai dikunjungi pembeli, maka sebisa mungkin dihindari dengan mencari kebutuhan lain, selesai itu baru kembali ke pedagang tersebut setelah pengunjung yang belanja sedikit berkurang.

Melalui kesadaran masing-masing, maka dalam melakukan transaksi di pasar tidak perlu berjubel karena hal itu juga bisa dilakukan dengan cara mengambil jarak tertentu, meskipun saat mememasan barang dengan bersuara sedikit agak keras. Dengan demikian, pedagang yang bersangkutan pasti mendengar, dan hal itu merupakan cara lainnya untuk menghindari terjadinya pengunjung yang bila cukup banyak.

Berkait dengan lanjutan pedagang yang hasil Rapid Test-nya reaktif yang menjalani isolasi mandiri, hendaknya benar-benar dilakukan secara maksimal. ”Demikian pula, untuk swab test yang dilaksanakan pihak Puskesmas Margoyoso juga secepatnya bisa segera dituntaskan, sehingga hasilnya bisa segera pula diketahui,”imbuhnya.