Kunjungi Samin News, Balai Bahasa Jateng Awasi Penggunaan Bahasa

0
60
Perwakilan Redaksi Samin News saat mendapat kunjungan dari Balai Bahasa Jawa Tengah

SAMIN-NEWS.com, PATI – Hari ini Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah mengunjungi Kantor Redaksi Samin News yang beralamat di Kampung Saliyan RT 05 RW 02 Pati Lor, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati. Kunjungan Balai Bahasa Jawa Tengah tersebut dalam rangka program pengawasan penggunaan bahasa di media massa, Selasa (17/9/2020).

Salah satu petugas dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Dwi Susilowati menyebutkan bahwa media massa secara tidak langsung dapat diposisikan dalam program pembinaan bahasa untuk masyarakat. “Media massa kan dibaca oleh banyak orang, jadi hal ini tentu juga dapat menjadi program pembinaan penggunaan bahasa yang baik dan benar untuk masyarakat,” tuturnya kepada Samin News.

Selain mengunjungi Samin News, ia juga mengungkapkan bahwa program tersebut juga dilakukan di beberapa media massa yang ada di kabupaten lain di Jawa Tengah yang meliputi Surakarta, Magelang, Pekalongan, dan Kudus.

Lebih lanjut, Dwi menyebutkan bahwa program tersebut akan bermuara pada kemartabatan bahasa negara. “Yang kami sasar adalah media massa lokal yang merepresentasikan daerah tersebut. Dan kunjungan-kunjungan ini kami titik beratkan pada pengamatan bagaimana penggunaan bahasa di media massa saat ini, apakah sudah sesuai dengan kaidah bahasa atau belum,” tambahnya

Diakhir kesempatan, ia menyampaikan harapannya kepada media massa di daerah agar lebih mengedepankan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan sesuai kaidah tanpa perlu meninggalkan bahasa daerah masing-masing.