Ibu Masuk Karantina; Putra-Putrinya Menyusul Hasil Rapid Test Reaktif

0
189
Kakak beradik warga Karangdowo, Desa Kutoharjo, Kecamatan Kota Pati saat menjalani Rapid Tes dan sesuadahnya mendapat penjelasan dari petugas Puskesmas Pati II, Jumat (4/9) tadi pagi.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pekan lalu saat ibunya harus menjalani Rapid Test, hasilnya ternyata reaktif, sehingga sampai saat ini masih harus menjalni karantina di tempat yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati. Yakni,  Hotel Kencana, di Jalan RA Kartini , maka putra-putrinya harus menyusul menjalani test yang sama.

Hal tersebut mengingat, keduanya selama ini mempunyai kontak dekat dengan ibunya yang reaktif hasil Rapid Testnya, sehingga mereka diharuskan menjalani test yang sama di Puskesmas Pati II yang untuk sementara memberikan layanan di Desa Payang juga di Kecamatan Pati. Oleh petugas yang melaksanakan Rapid Test, karena dalam waktu secara bergantian sesudah itu harus melakukan Rapid Test terhadap 9 warga Tambahsari juga di Kecamatan setempat.

Akan tetapi setelah yang disebut terakhir ditunggu hingga pukul 11.00 tidak ada satu pun yang hadir, maka layanan Rapid Test itu pun ditutup. Dengan demikian, hanya ada tiga warga yang menjalani test tersebut yang semuanya dari Karangdowo, Desa Kutoharjo, di mana dua di antaranya yang berstatus kakak beradik hasilnya reaktif.

Sebelum menjalani test itu, oleh salah seorang petugas dilakukan rekaman data riwayat masing-masing, di antaranya selama 14 hari terakhir ini pernah bepergian kemana. Atas pertanyaan tersebut, keduanya menegaskan sama sekali tidak pernah ke mana-mana, dan juga mempunyai keluhan rasa sakit pada bagian apa, misalnya, kepala pusing atau sesak nafas.

Petugas yang bersangkutan minta, agar apa yang ditayakan tersebut, untuk jawabannya jangan sampai ada yang disembunyikan atau tidak dijawab secara jujur. Oleh keduanya juga menjawab dengan team tidak mempunyai keluhan apa-apa, dan bahkan selama ini juga menyatakan dalam keadaan sehat, sehingga  hal tersebut dilanjutkan satu per satu menjalani Rapid Test.

Untuk mengetahui hasilnya, mereka diminta untuk menunggu sekitar 15 menit dan setelah dilakukan pencermatan dan ditunjukkan kepada keduanya, hasil Rapid Test mereka adalah reaktif. ”Karena itu keduanya  disarankan untuk melakukan isolasi mandiri, sampai nanti benar-benar sehat kembali  seperti sedia kala.