Baca Buku Digital dengan Aplikasi “iPatiPintar”

SAMIN-NEWS.com, PATI – Membaca buku dewasa ini sudah tak melulu menggunakan lembaran kertas. Lantaran kemajuan teknologi yang maju pesat, aktifitas membaca buku bisa juga via elektronik atau secara digital. Hal ini semakin praktis dan efektif, melalui smartphone.

Kaitannya dengan dunia membaca buku dengan bentuk digital, Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Pati mempunyai terobosan baru dengan menyediakan layanan baca buku elektronik. Fasilitas pelayanan berbasis teknologi dengan medium android untuk saat ini masih menunggu segera dalam proses peluncuran.

“Mau launching iPatiPintar. Yaitu aplikasi e-book atau buku elektronik. Dengan demikian, aktifitas membaca buku melalui digital,” papar Pustakawan Arpusda Pati, Sugiri, Senin (21/9/2020).

Dalam layanan yang disediakan, nantinya masyarakat bebas mengakses bahan bacaan. Sebab, memang diprogramkan oleh pemerintah dengan memanfaatkan dalam menyikapi era sekarang yang berbasis android ataupun handphone.

Lanjutnya, untuk mengakses aplikasi tersebut, diperlukan registrasi terlebih dahulu. Namun, sifatnya masuk pada aplikasi. “Pembaca hanya perlu melakukan login pada aplikasi iPatiPintar. Tapi untuk login pakai email atau facebook,” jelas Sugiri.

Adapun rencananya sendiri aplikasi iPatiPintar nantinya akan resmi diluncurkan oleh pemerintah pada bulan depan. Sementara saat ini masih menunggu oleh stakeholder terkait dengan persiapan yang diperlukan. Juga proses pendataan buku apa saja yang disediakan.

“Terkait buku apa saja, nantinya yang disediakan ini lagi proses pemilihan mas. Jadi belum selesai,” tandas Sugiri.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Jenazah Almarhumah dari Gembong; Baru Satu Hari Masuk Rumah Sakit
Next post 60 Bakal Calon Pilkada Terkonfirmasi Positif Covid-19, Masihkah Efektif ?
Social profiles