Saka Milenial Bantu Kembangkan Literasi Informasi Digital

SAMIN-NEWS.com, PATI – Bertepatan dengan HUT Pramuka ke-59, Satuan Karya Mitra Inovasi dan Literasi Teknologi Informasi Digital (Saka Milenial) Kwartir Cabang Pati secara resmi telah dikukuhkan oleh Bupati Pati Haryanto. Sebelumnya Ketua Kwartir Cabang Kabupaten Pati (Kakwarcab) Sugiyono mengeluarkan Surat Keputusan (SK) serta mengesahkan Kepengurusan Satuan Karya Milenial Kwartir Cabang Pati Masa Bakti 2020-2023.

Ketua Majelis Pembimbing Saka Milenial (Mabisaka) Indriyanto mengatakan satuan karya pramuka ini untuk wadah bagi anggota muda. Dalam hal ini berkaitan dengan pengembangan bakat pengelolaan teknologi informasi komunikasi.

“Dibentuk bagi anggota muda untuk meningkatkan literasi digital dan TIK. Disamping itu juga untuk meningkatkan pengetahuan anggota,” ujarnya kepada Saminnews, Jumat (14/8/2020).

Kegiatan Saka Milenial ini difokuskan pada kekreatifan anggota untuk menciptakan dan membangun dunia baru dalam dunia informasi teknologi yang semakin hari semakin gencar tak bisa terelakkan. Akan tetapi, meskipun pada dunia informasi teknologi ini juga perlu tercipta keakraban satu sama lain, terang Indriyanto.

Dengan kehadiran Saka Milenial, menurutnya sebagai pendamping terhadap kemampuan pengetahuan pengelolaan TIK pada desa yang masih kurang. Dengan kata lain meningkatkan literasi digital masyarakat dalam arus informasi berbasis teknologi. Perlunya pengetahuan ini merupakan ajang pembekalan lantaran informasi hoax banyak beredar.

“Lantas materi terkait literasi digital ini dikembangkan dan diteruskan kepada masyarakat luas hingga ke desa. Generasi milenial melek internet, bisa memanfaatkan media sosial secara positif dan sekaligus memerangi hoaks,” tandasnya.

Pembentukan Saka Milenial sangat vital di tengah maraknya peredaran informasi menyesatkan semisal hoaks di kalangan masyarakat. Gerakan Pramuka harus bisa mengikuti perkembangan zaman. Maka, bukan suatu berlebihan, ketika masyarakat telah memahami, ini bisa meminamilisir keruwetan informasi yang beredar.

About Post Author

Saiful Anwar

Wartawan Samin News
Previous post Beskos Mulai Digelar di Lapangan Stadion Joyokusumo
Next post E-Koran Samin News Edisi 14 Agustus 2020
Social profiles