Pelapisan Material Beskos Lapangan Rumput Stadion Joyokusumo Terus Dimaksimalkan

0
54
Meterial beskos untuk pelapisan pembangunan lapangan rumput Stadion Joyokusumo Pati terus dimaksimalkan perataannya.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kendati terkesan lambat dalam progres pelaksanaan pekerjaan karena sampai hari ini masih berkutat dalam perataan pelapisan material beskos, untuk lapangan rumput Stadion Joyokusumo. Hal itu sudah berlangsung berhari-hari, mengingat material jenis tersebut untuk ukuran 2-3 cm sebagai dasar jumlahnya cukup banyak.

Sedangkan untuk menggelar material tersebut yang sudah selesai lapis pertama ada lapangan sisi selatan hingga tengah, dan mendekati lapangan sisi timur dan utara. Dengan demikian, upaya menggelar meterial sama lapis kedua untuk beskos ukuran 1-2 cm juga sudah disiapkan, sehingga untuk menggelarnya tentu menunggu ekskavator yang masih digunakan di sisi utara.

Salah seorang pelaksana lapangan dari rekanan Kerja Sama Operasional (KSO) PT Hoetama Karya Mandiri, Eddy membenarkan, hal tersebut bahwa sampai tahapan kalender kerja hari ini memang fokus pada pekerjaan pelapisan material beskos. ”Sesuai rencana, material tersebut harus digelar sampai tiga lapis sehingga operator alat berat yang melaksnakan pekerjaan itu harus benar-benar maksimal,”ujarnya.

Maksud dia, lanjutnya, masing-masing lapis untuk perataannya memang harus benar-benar maksimal, baru kemudian setelah lapis pertama disusul lapis kedua dengan masih tetap menggunakan meteria sama, tapi beda ukurannya. Pada lapisan ini, untuk material beskos yang dusiapkan harus berukuran 1-2 cm, dan itu sudah siap di lapangan sisi selatan, sehingga jika selesai digelar dan dipadatkan harus diikuti dengan upaya menggelar material tak jauh berbeda.

Akan tetapi, ukurannya semakin kecil, yaitu  1-1 cm, dan sesudah itu selesai maka lapisan di atasnya akan ditutup dengan abu batu. ”Dari lapisan ini setelah selesai maka progres pelaksanaan pekerjaan paling maksimal pun akan mencapai 30 persen, tapi dari ssi hari kalender yang tersedia masih mencukupi untuk bisa mencapai 100 persen,”paparnya.

Terpisah Pejabat Pembuat Komitemen (PPK) pelaksanaan pekerjaan paket pembangunan lapangan rumput Stadion Joyokusumo, Arief Wahyudi yang juga kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati, tidak mengelak ketika ditanya berkait hal tersebut. ”Sampai saat ini progres pelaksanaan pekerjaan pembangunan lapangan rumput Stadion Joyokusumo sudah mencapai 25,8 persen, karena progres pekjerjaan terbanyak adalah jika nanti sudah digelar lapangan rumput sintesis,”imbuhnya.