Makna Logo HUT ke-75 Kemerdekaan Indonesia

0
128
Logo HUT ke-74 Indonesia

SAMIN-NEWS.com, PATI – Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tinggal menyisakan beberapa hari lagi, kurang dari dua pekan menuju detik-detik proklamasi. Peringatan tersebut tentunya sejumlah persiapan dalam mendukung semarak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 tahun 2020 ini segala sesuatunya telah dipersiapkan. Hal ini termasuk pula dengan segala atribut, logo maupun tema besar yang menjadi semangat kesatuan.

Berkaitan persiapan tersebut, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) telah mengedarkan surat tertanggal 23 Juni 2020 dengan nomor B-456 /M.Sesneg/SeVTU.00.04/06/2020 terkait Penyempumaan Penggunaan Tema dan Logo Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-75 Kemerdekaan Republik lndonesia Tahun 2020 yang ditujukan kepada Pimpinan Pejabat Negara hingga Bupati/walikota seluruh Indonesia.

Menanggapi surat Mensesneg, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pati Indriyanto mengatakan maksud dari edaran itu merupakan bentuk imbauan oleh pemerintah pusat agar refleksi pesan yang disampaikan semarak HUT ke-75 bisa tersebar luaskan.

“Intinya berkenan memperbanyak dan mensosialisasikannya di lingkungan kerja pejabat daerah. serta membantu menyebarluaskannya kepada masyarakat umum. Masyarakat bisa mengerti dan mafhum pada pesan kemerdekaan kali ini,” katanya menjelaskan maksud surat edaran, Rabu (5/8/2020).

Tema yang diangkat dalam semarak HUT ke-75 RI ini yaitu dengan jargon ‘Indonesia Maju’ Bangga Buatan Indonesia. Sebuah tema yang punya arti representasi Pancasila sebagai pedoman dalam pandangan hidup bernegara. Indonesia mampu memperkokoh kedaulatan, kesatuan dan persatuan. Kita tahu bahwa Indonesia terdiri dari beragam suku, agama, maupun ras yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Oleh karena itu, perlunya simpul pengait untuk merangkul mereka semua.

Kemerdekaan bukanlah hanya semacam kata-kata, melainkan suatu peluang dan kesempatan. Bahwa kita diberi kesempatan waktu maupun ide gagasan sebagai generasi penerus bangsa untuk meneruskan perjuangan mengisi kemerdekaan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pati Indriyanto .

“Kesempatan untuk bermimpi hingga jadi nyata, serta berkesempatan dalam berkarya. Dengan kesempatan itu kita isi kemerdekaan ini dengan usaha sungguh-sungguh melalui kreatifitas. Namun, dengan tak lupa menjunjung keharmonisan,” bebernya lebih lanjut.

Logo kemerdekaan RI ke-75 menyimbolkan arti dari kesetaraan. Bahwa setara disemua bidang, merdeka atas pendidikan, menyampaikan pendapat, serta merdeka mengembangkan pribadi yang luhur. Selain itu, sebagai pertumbuhan ekonomi dan progres nyata dalam bekerja untuk mempersembahkan kinerja yang maksimal kepada seluruh rakyat Indonesia.

Pembangunan pertumbuhan ekonomi dimulai dengan pembangunan infrastruktur dari bawah. Hal ini guna menunjang kegiatan perekonomian masyarakat itu sendiri. Dengan ditopang pembangunan sumber daya manusia lantas bisa berimplikasi pada pemberdayaan Usaha Mikro kecil dan menengah (UMKM).