Mahasiswa KKN Unnes Adakan Pelatihan Artmatika di Wedarijaksa

0
80

SAMIN-NEWS.com, PATI – Pandemi Covid-19 ini menuntut segala bidang untuk melaksanakan kegiatannya secara daring, termasuk dalam proses pembelajaran. Akan tetapi, dalam realitanya proses pembelajaran tersebut mempunyai beberapa kendala seperti kualitas jaringan internet yang buruk, materi yang susah dipahami dan sebagainya. Oleh karena itu, mahasiswa dan anak-anak Desa Ngurensiti RT 7 RW 3 sedang berada dalam satu kesinambungan melaksanakan pelatihan Artmatika yang dipimpin oleh Melinda Resti Anggraeni, Mahasiswa Jurusan Matematika.

Nama Artmatika sendiri diambil dari art yaitu seni dan matika yang merupakan kepanjangan dari matematika. Jadi, artmatika adalah gabungan seni dan matematika. Artmatika hadir sebagai inovasi media pembelajaran yang bertujuan untuk memperkenalkan bentuk kurva dari fungsi eksponen.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan secara luring (luar jaringan) pada 27-31 Juli 2020, dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Setiap peserta diimbau untuk selalu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Pada kegiatan ini, anak-anak dan ibu-ibu RT 7 RW 3 Desa Ngurensiti sangat antusias menyimak sekaligus mengikuti pelatihan secara seksama yang dijelaskan oleh Melinda.

Bahan yang terjangkau dan mudah di dapat inilah yang membuat KKN UNNES Kelompok 5 yang terdiri dari Melinda Resti A, Moch Faizal R, Andika Anang P. S, Nisful K. N, Rizki Rahmawati dan Mila Anggi S memilih pelatihan artmatika sebagai salah satu program kerjanya.

Selain sebagai media pembelajaran, artmatika juga dapat meningkatkan kreativitas dan produktivitas masyarakat ditengah pandemi. Proses pembuatan artmatika yang mudah ini sangat cocok apabila dapat diproduksi rumahan secara massal. Belum adanya media pembelajaran yang serupa, membuat artmatika ini sebagai produk yang bernilai jual tinggi dan memberi kebermanfaatan yang tinggi pula sehingga dapat mendongkrak perekonomian lokal masyarakat setempat.

Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, Kelompok 5 dari Tim KKN BMC-19 UNNES 2020 Kabupaten Pati yang dibimbing oleh ibu Nugraheti Sismulyasih SB, S. Pd., M. Pd dapat turut serta dalam mencari solusi  dari permasalahan pembelajaran daring khususnya mata pelajaran matematika sekaligus memajukan perekonomian lokal di Desa Ngurensiti, Kecamatan Wedarijaksa, Kabupaten Pati.

Kades Ngurensiti mengungkapkan dan berharap kepada tim mahasiswa selain memberi materi pelatihan Artmatika juga untuk memberikan edukasi terhadap menjaga protokol kesehatan di tengah masyarakat.

“Saya minta agar mahasiswa bisa lebih banyak melakukan edukasi mengenai pentingnya protokol kesehatan covid-19 kepada masyarakat secara konsisten dan juga sosialisasinya dapat terealisasikan secara langsung dan dapat dirasakan dampaknya,” paparnya.

Pihaknya menyebut mengingat lantaran jumlah mahasiswa yang kkn tidak terlalu banyak, jadi buat program yang ringan-ringan saja, terpenting melalui program KKN itu mampu melahirkan program-program yang inovatif dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

“Yang jelas kami dari pemdes Ngurensiti¬† sangat mendukung dan berterima kasih kepada pihak universitas pada umumnya dan terkhusus buat tim kkn di Desa Ngurensiti, kerena kami merasa terbantu dengan hadirnya mahasiswa KKN dari UNNES dengan program yang mereka adakan,” tandasnya.