Festival Baca Puisi Bambang Sadono  2020

SAMIN-NEWS.com, SEMARANG – Tahun sebelumnya (2018 – 2019) Bambang Sadono pernah menggelar Lomba Baca Sajak Provinsi Jawa Tengah,  tahun ini kembali  melakukan kegiatan sama tapi berbeda pelaksanaannya. Yakni, FESTIVAL BACA PUISI MERDEKA 2020, SIAPA SAJA BOLEH IKUT  secara online melalui Chanel Inspirasi Jawa Tengah, total hadiah Rp 10.000.0000.

Syarat dan ketentuannya, kata yang bersangkutan ketika ditanya berkait hal tersebu, yaitu (1) peserta bebas, siapa saja dan di mana saja boleh perorangan, boleh kelompok, tidak ada batas usia, semua boleh ikut  Festival Baca Puisi Bambang Sadono  2020.  (2) Follow   Instagram Inspirasi  Jawa Tengah  @inspirasi.jawatengah dan Subscribe Chanel Yotube  Inspirasi Jawa Tengan, dan (3) Membuat rekaman Video Baca Puisi, dengan durasi maksimal 20 menit.

Untuk syarat (4), yaitu Puisi bisa karya sendiri, atau membacakan karya orang lain. (5) Tema puisi bebas, lebih diutamakan puisi patriotik, cinta tanah air, perjuangan melawan pandemi corona, keindahan alam, dan sebagainya. Sehingga kreasi pun bebas, boleh diiringi musik, boleh deklamasi, teaterikalisasi juga boleh, dan dengan Bahasa Indonesia boleh, Bahasa Jawa juga boleh.

Berikutnya, (6) Rekaman video belum pernah diunggah dalam channel Youtube,  (7) Hasil rekaman video baca puisi, diupload oleh peserta di IGTV dan wajib tag akun @ispirasi.jawatengah serta membuat caption dengan tagar #Inspirasi Jawa Tengah, #Baca PuisiInspirasi Jawa Tengah, #FestivalPuisi BambangSadono. (8) Video juga diupload melalui google drive dan link dikirim melalui email:inspa.jateng@gmail  atau WA ke No.081214141400/081222222609/085293024920.

Selanjutnya akan ditayangkan di channel youtube  Inspirasi Jawa Tengah. ”(9) Hak siar rekaman video baca puisi yang sudah ditayangkan menjadi hak channel Inspirasi Jawa Tengah,”ujarnya.

Ditambahkan, untuk tahapan festival adalah (1), Upload dan pengiriman Video mulai 15 Agustus s.d 15 Septembger 2020, (2) Sebutkan judul puisi, nama penulisnya, dan  juga nama yang membacakan. Sedangkan (3), 10 video baca puisi terbaik dipilih berdasarkan banyaknya like saat ditayangkan selama 7 x 24 jam pada channel youtube Inspirasi Jawa Tengah.

Dengan demikian, (4) 10 Video dengan like terbanyak selanjutnya akan dinilai oleh Tim Juri untuk mendapatkan 3 Peserta Terbaik I, II, III dan 2 peserta Harapan. (5), Peserta Terbaik I, II , dan III masing-masing akan memperoleh penghargaan antara lain berupa uang Rp 3 juta, Rp 2,5 juta, dan Rp 2 juta.

Bagi dua peserta harapan, masing-masimg mendapatkan Rp 1,25 juta. ”(6), Pengumuman Peserta Festival Terbaik dilaksanakan pada tanggal 1 Oktober 2020,”imbuh Bambang Sadono.

About Post Author

Alm. Alman Eko Darmo

Pemimpin Redaksi Samin News
Previous post Perusakan Dengan Dalih Mensejahterakan
Next post Kolonialisme Modern Sebagai Momentum Refleksi Bangsa Indonesia
Social profiles