BUMDes Bumi Lestari Desa Ngurensiti Dapat Support dari Kementerian Desa

0
210
Kepala Desa Ngurensiti, Indra Prasta Radika

SAMIN-NEWS.com, PATI – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bumi Lestari Desa Ngurensiti, Kecamatan Wedarijaksa, Pati punya cara unik untuk mengelola sampah ┬árumah tangga. BUMDes Bumi Lestari didirikan untuk menangani persoalan sampah domestik, khususnya pada wilayah administratif desa setempat.

Sebagaimana yang dikatakan oleh Kepala Desa Ngurensiti, Indra Prasta Radika bahwa BUMDes Bumi Lestari semula didirikan pada tahun 2016 silam. Hingga kini dengan demikian telah empat tahun sudah berjalan dalam menangani persoalan sampah domestik.

“(BUMDes Bumi Lestari) itu didirikan dan juga SKnya keluar pada tahun 2016 yang lalu. Dimana tujuan utamanya adalah untuk mengatasi masalah sampah di desa dengan cara mengelola sampah rumah tangga. bukan hanya mengolah sampah plastik tapi semua sampah/limbah rumah tangga,” katanya di kantornya kepada Saminnews, Rabu (19/8/2020).

Pengelolaan sampah rumah tangga bisa mendatangkan profit, menurut Indra akan menambah Pendapatan Asli Desa (PADes) Desa Ngurensiti. Pasalnya, secara tidak langsung bahwa BUMDes merupakan unit pengelola aset desa untuk didayagunakan dan dimanfaatkan secara luas. Baik dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai anggota, pun demikian juga oleh tentunya bagi pemerintah desa setempat.

Pada tahun 2020 ini, BUMDes Bumi Lestari Desa Ngurensiti mendapat dukungan beserta support oleh pemerintah pusat. Hal tersebut khususnya dalam usaha meningkatkan pengembangan kegiatan produksi.

“Alhamdulillah, kita mendapatkan bantuan dukungan akses permodalan BUMDes dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT). Tepatnya 15 Agustus 2020 kemarin,” terangnya lebih lanjut.

Dengan total 5.599 BUMDes yang diakui oleh Kemendes PDTT, bahwa BUMDes Bumi Lestari Ngurensiti termasuk salah satu di dalamnya mendapatkan support dari pemerintah pusat.

Bentuk bantuan oleh Kemendes PDTT itu, yakni berupa akses peminjaman yang mudah dari perbankan dengan bunga yang ringan. Bantuan akses kemudahan peminjaman perbankan tersebut tak lain adalah digunakan sebagai usaha pengembangan pada aktifitas unit produksi, Indra menjelaskan.

Untuk diketahui, BUMDes Bumi Lestari Desa Ngurensiti terdapat tiga unit usaha. Masing-masing yaitu unit pengolahan kompos, kedua unit bank sampah serta terakhir adalah unit simpan pinjam.