Artis Bukanlah Oase di Tengah Polemik RUU Cipta Kerja

0
18

RANCANGAN Undang-Undang (RUU) Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja kembali viral dan memanas dibahas di berbagai platform media sosial. Hal tersebut lantaran ramainya unggahan artis yang menyuarakan dukungannya kepada RUU kontroversial ini.

Sampai saat ini, perdebatan terkait RUU Cipta Kerja masih kian memanas. Banyak aktivis dan pegiat isu sosial masih gencar menyuarakan penolakan terhadap RUU yang dinilai sangat merugikan kaum buruh. Namun disisi lain, beberapa deretan artis ibu kota justru terbalik menyuarakan dukungannya terhadap RUU satu ini.

Bagi barisan pendukungnya, RUU tersebut dinilai dapat menjadi solusi permasalahan yang sedang dihadapi oleh masyarakat. Hal tersebut mereka lontarkan lantaran menurutnya, RUU ini berfokus pada kemudahan investasi sehingga secara tidak langsung akan menciptakan banyak lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Ragam cara dilakukan baik para penolak maupun pendukung untuk menyuarakan pendapat mereka di ruang dan pemikiran publik. Selama ini, di sudut penolak sudah dikenal rutin turun ke jalan dan melibatkan kaum buruh dan mahasiswa.

Namun berbeda dengan pendukung, baru-baru ini mereka justru menggunakan cara yang lebih trendi dengan melibatkan deretan artis ternama untuk menyuarakan dukungan mereka dan mengangkat tagar #IndonesiaButuhKerja.

Beberapa deret nama artis tersebut antara lain adalah Inul Daratista, Gofar Hilman, Marsha Aruan, Cita Citata, Gisella Anastasia, Gading Marten, sampai Ardhito Pramono. “Aku dengar pemerintah sedang menggodok payung hukum untuk menanggulangi masalah ini, namanya RUU Cipta Kerja. Menurutku ini suatu hal yang sangat positif karena bertujuan untuk menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan untuk masyarakat. Yuk, mari sama-sama kita bersatu di masa sulit ini untuk memperingan dampak dari pandemi dengan terus menebarkan aura positif untuk Indonesia yang lebih baik,” tulis Cita Citata di unggahan Instagramnya.

Beberapa unggahan serupa ramai di media sosial, namun disisi lain apakah para artis tersebut memang sudah memahami apa isi dari RUU kontroversial tersebut? Entahlah. Namun dari unggahan Cita Citata tersebut sudah jelas ada diksi “Aku dengar” yang bisa diasumsikan bahwa mereka hanya bersuara berdasarkan kabar burung saja. Namun di sisi lain ada hal menarik di balik fenomena tersebut, dewasa ini artis kerap sekali dilibatkan dalam promosi dalam berbagai hal. Semua sudah berbeda, dahulu mereka hanya laku untuk berporomosi produk-produk jualan saja. Lha sekarang kok…