Amien Rais, Mulut Seribu Marabahaya

0
32

SEOLAH tak ada kapoknya, Amien Rais kini kembali dengan pernyataan spektakuler nan bahaya miliknya. Bahkan dalam kesempatan kali ini, Amien membandingkan Jokowi dengan tokoh super villain Fir’aun. Mendebarkan bukan??

Setelah sekian lama vakum dari lantai perdebatan nasional, Amien kembali hadir dengan sebuah pernyataan kontroversial di channel youtubenya “Amien Rais Official”. Ia mengunggah beberapa video seri hari kemerdekaan RI.

Dalam salah satu videonya, Amien menuding bahwa Jokowi memiliki kecenderungan otoriterisme yang cukup pekat bahkan ia membandingkan dengan sosok Fir’aun.

“Hanya saja di Indonesia, otoriterisme itu jauh lebih parah. Kita menyaksikan pada kuartal pertama Jokowi jadi presiden, pada awalnya rakyat umumnya percaya akan ada perubahan signifikan bagi kehidupan rakyat. Namun harapan itu cepat kandas, mengapa?” kata Amien melemparkan premis kepada penonton youtubenya.

Lebih lanjut, Amien mengungkapkan pendapatnya bahwa selama ini Jokowi selalu berlindung di balik citra positif yang dibuatnya. “Dalam literatur politik, Jokowi cukup lihai memainkan politik yang penampilannya itu demokratis tapi substansinya intinya otoriter,” lanjutnya.

Jika kita perhatikan pemilihan diksinya, kata “otoriter” tentu sangat lazim digunakan pihak opisisi dalam mengkritik berbagai kebijakan pemerintah yang menjabat. Sepertinya, Amien memang kian kuat berdiri dalam perspektif tersebut.

Selain itu, Amien juga menyebut bahwa Jokowi selama ini hanya terbuai dengan circle politik yang ia miliki. “Jokowi terbuai dengan puja-puji pendukungnya. Para sycophants (penjilat) itu dapat meyakinkan mantan Wali Kota Solo yang ‘terbaik di dunia’ itu benar-benar dicintai rakyat sampai batas yang sangat jauh sampai dia berani mengatakan ‘Aku adalah Pancasila’,” kata Amien.

Dari sana kemudian Amien membuka dan menyangkutkan hal tersebut dengan kisah Fir’aun. “Hal ini mengingatkan cerita abadi tatkala Firaun beradu kekuatan dengan Musa AS. Para petinggi sihir yang mengerumuni Firaun bertanya ‘apa kiranya yang akan kita peroleh bila kami berhasil memenangkan, Baginda Firaun?’ Jawab Firaun, ‘Pasti kalian akan mendapat posisi penting di sekitarku.’ Ini Al-Araf 113. Saya baca aslinya,” kata Amien Rais.

Tentu saja pernyataan seperti ini bisa dinilai sangat berbahaya, membandingkan sosok presiden dengan Fir’aun yang selama ini seperti dianggap barometer mbahnya kejahatan. Ya meskipun konteks yang disampaikan Amien hanya pada sisi menyediakan jabatan untuk orang-orang yang membantu secara politik, tetapi tentu amatlah berlebihan menggunakan Fir’aun sebagai perbandingan.

Pusing benar melihat sepak terjang bapak yang satu ini, selalu saja muncul ungkapan-ungkapan misterius nan membahayakan dari mulutnya. Sebagai sosok yang sudah cukup sepuh, mending di rumah main sama cucu sambil berkebun ala harvest moon kan lebih nyaman to pak?? Dari pada mengundang marabahaya..