Tujuh Paket Pekerjaan Peningkatan Ruas Jalan Harus Dilelang Ulang

0
24
Dua dari 19 paket peningkatan ruas jalan yang dibiayai dari sumber dana APBD Murni Tahun 2020 Kabupaten Pati yang masih dalam tahap proses lelang.(Foto:SN/aed)

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kendati sebagian besar ada rekanan penyedia jasa yang memasukkan penawaran dalam lelang 19 paket pekerjaan peningkatan ruas jalan dan 1 paket pembangunan talut, tapi tidak secara keseluruhan hasil penawaran tersebut diproses lebih lanjut. Bahkan, ada enam di antaranya harus kembali dilakukan lelang ulang sehingga yang harus dilelang ulang, semuanya ada 7 paket pekerjaan.

Satu di antaranya, karena sejak awal untuk paket pekerjaan peningkatan ruas jalan Tambakromo – Kayen, Kecamatan Tambakrtomo / Kayen yang pagunya mencapai Rp 700 juta sama sekali tidak ada rekanan yang menawar. Alokasi pagu anggaran sebesar itu, adalah untuk peningkatan ruas jalan dengan konstruksi rigit beton sehingga besar kemungkinan hal tersebut menjadi salah satu faktor penyebab, megapa tidak ada rekanan penyedia jasa yang memasukkan penawaran.

Akan tetapi, kata Kasub-Bag Pengadaan Barang/Jasa (PBJ) Kabupaten Pati, Alfonsius Rico, pihaknya sudah menyampaikan hal tersebut beberapa waktu lalu kepada pihak Pejabat Pembuat Komitmen (PPK). ”Yakni, Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati,”ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, pihak yang bersangkutan juga sudah mengirim kembali data tentang paket pekerjaan itu, Senin (13/7) hari ini. Dengan demikian, mulai Selasa (14/7) besok akan kembali ditayangkan melalui aplikasi Lelang Pengadaan Secara Ekektronik (LPSE) sehingga jika ada rekanan penyedia jasa yang berminat dipersilakan mendaftarkan diri.

Selesai itu segera akan dibuka juga penawaran, maka siapa saja rekanan yang berminat setelah mendaftarkan diri dipersilakan memasukkan penawaran. Selain paket pekerjaan tersebut, akan dilelang ulang pula untuk paket pekerjaan peningkatan ruas jalan sebanyak 6 paket, karena dari hasil evaluasi penawaran ternyata semua rekanan yang sudah memasukkan penawaran tidak memenuhi syarat.

Karena itu, lelang ulang juga sudah kembali dibuka sehingga rekanan penyedia jasa yang berminat dipersilakan mendaftarkan diri, dan kemudian memasukkan penawaran. ”Selebihnya kami akan memproses lebih lanjut untuk rekanan yang penawarannya tidak ada masalah, jumlah seluruhnya ada 12 paket pekerjaan peningkatan ruas jalan,”imbuh Alfonsius Rico.