Tiga Paket Peningkatan Ruas Jalan Lagi-lagi Tidak Ada yang Menawar

0
54
Kepala Seksi (Kasie) Jalan Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati, Hasto Utomo.

SAMIN-NEWS.com, PATI –¬† Kendati sudah dilelang ulang untuk kali kedua tapi tiga dari tujuh¬† paket pekerjaan peningkatan ruas jalan lagi-lagi tidak ada rekanan penyedia jasa yang bersedia menawarnya, sehingga lelang ulang akan kembali dilakukan. Yakni, paling lambat Senin (27/7) pekan depan tiga paket tersebut akan kembali diserahkan ke pihak Pengadaan Barang/Jasa (PBJ) Kabupaten.

Dengan demikian, dari tujuh paket pekjerjaan peningkatan ruas jalan yang diulang, hanya empat paket yang diminati rekanan untuk menawarnya. Bahkan, saat ini sudah selesai evaluasi kualifikasi sehingga siapa rekanan yang akan lolos sebagai pemenang sudah ada, tapi terlebih dahulu masih harus lolos dalam sanggah.

Ruas jalan Tambakromo – Kayen, tidak ada rekanan yang menawar (Foto:SN/aed).

Maksudnya, kata Kepala Seksi (Kasie) Jalan Bidang Binamarga Dinas Pekerjkaan Umum dan Penataan Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati, Hasto Utomo, jika dalam masa sanggah ternyata tidak ada rekanan pesaing yang menawar pajet sama, maka pihaknya bisa melakukan rapat persiapan penetapan. ”Akan tetapi jika ada rekanan penawar yang mengajukan sanggahan tetap harus melalui proses jawaban dari pihak PBJ,”ujarnya.

Demikian pula, lanjut Hasto Utomo, jika semisal PBJ memberikan jawaban atas sanggahan itu pihak rekanan penyanggah tidak bisa menerima, silakan rekanan yang bersangkutan mengajukan sanggah banding. Atas sanggahan tersebut, maka pihaknya atau pihak pengguna anggaran (PA) maupun kelompok pengguna anggaran (KPA) yang memberikan jawaban.

Prinsipnya lelang ulang untuk ketiga paket pekerjaan peningkatan ruas jalan tersebut akan dilakukan lagi, sepanjang sisa waktu untuk pelaksanaannya masih ada. ”Adapun ketiga paket tersebut, masing-masing adalah paket ruas jalan Tambakromo-Kayen, Kecamatan Tambakromo, Kayen, Angkatan Lor -Godo, Kecamatan Tambakromo, Winong, dan ruas jalan Karangrejo – Kuniran, Kecamatan Juwana, Batangan,”imbuh Hasto Utomo.