Taman Bajomulyo, Nasibmu Sekarang

0
89
Papan nama Taman Bajomulyo, di Desa Bajomulyo, Kecamatan Juwana, Pati, yang sudah mengalami kerusakan

SAMIN-NEWS.com, PATI – Sekitar tiga tahun lalu lokasi tanah yang sekarang menjadi Taman Bajomulyo, di Desa Bajomulyo, Kecamatan Juwana, Pati, adalah lahan kosong milik desa yang menjadi tempat pembuangan sampah. Di sisi lain, warga setempat rata-rata tempat kediamannya tidak mempunyai halaman cukup luas.

Akibatnya jika ingin mempunyai hajatan yang dilaksanakan di rumah, maka tempatnya tentu sangat sempit sehingga muncul gagasan pihak pemerintah desa untuk membuat ruang publik. Selain berupa taman untuk bermain anak-anak juga bisa dimanfaatkan oleh warga jika kesulitan mencari tempat untuk pelaksanaan hajatan, terutama yang menghadirkan tamu undangam.

Karena itu, kata Kepala Desa Bajomulyo, Sugito, pihaknya mencoba mengirim permohonan bantuan ke Kementrian PU di Jakarta, dan akhirnya difasilitasi taman lengkap bangunan penunjang termasuk kamar mandi dan WC. ”Selain itu, ada pula tersedia lampu penerangan lengkap dan juga fasilitas bermain untuk anak-anak,”ujarnya.

Akan tetapi, lanjut dia, kondisi tersebut hanya berlangsung sekitar satu tahun karena tahun berikutnya sudah tidak ada yang mengunjungi hingga sekarang.  Karena itu dampak yang terjadi, akhirnya fasilitas publik itu tidak terawat, dan pihaknya tahun ini sebenarnya sudah merencanakan menata kembali fasilitas itu, tapi bukan lagi sebagai taman dengan menggunakan alokasi anggaran Dana Desa (DD) Tahun 2020.

Pintu masuk taman yang sudah mengalami kerusakan

Mengingat fungsi taman harus digantikan, maka fasilitas penggantinya berupa hall sehingga fasilitas yang tersedia adalah lebih banyak sebagai tempat untuk berolahraga masyarakat. Jika hal itu bisa diwujudkan, maka penyedia jasa mainan untuk anak-anak dan orang berjualan makanan dan minuman akan mendekat, karena fasilitas tempat olahraga yang disediakan adalah termasuk untuk anak-anak.

Ternyata rencana dan gagasan itu tidak bisa berlanjut, karena alokasi DD yang dipersiapkan harus dialihkan untuk hal-hal yang berkait dengan penanganan pandemi Covid-19. ”Sebab, alokasi DD sudah diubah sasarannya yaitu untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) DD, sehingga rencana untuk menata kembali fasilitas umum tersebut akan kami siapkan Tahun 2021,”paparnya.