Sulit Mencapai Progres Maksimal Pembangunan Rumput Stadion Joyokusumo

0
65
Penataan kembali saluran di sekeliling lapangan Stadion Joyokusumo Pati.

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kendati pelaksanaan pekerjaan pembangunan rumput Stadion Joyokusumo Pati sudah menghabiskan waktu hampir 30 hari kalender, tapi untuk mendapatkan  progres pekerjaan maksimal tentu masih sulit dicapai. Masalahnya, pekerjaan fisik terbesar bukan pada proses tahap awal seperti sekarang, karena untuk tahapan pekerjaan ini secara fisik  sangat kecil sekali.

Karena itu, kata pelaksana lapangan rekanan hasil kerja Sama Operasional (KSO) PT Hoetama Karya Mandiri Pati. Imam S, sampai saat ini pihaknya untuk bisa mencapai progres 5 persen saja belum bisa. Padahal, untuk pekerjaan pembersihan rumput dan tanah di lapangan sudah tuntas sehingga akan menyusul pekerjaan tahap berikutnya, yaitu penempatan material batu pecah ukuran 2-3, 1-2 dan 1-1 cm.

Akan tetapi sebelum itu, pekerjaan yang harus dipersiapkan adalah penempatan lapisan geotekstil di atas tanah lapang tersebut, sekaligus pemasangan pipa spiral untuk peresapan air dari tengah lapangan. ”Secara teknis, pekerjaan itu harus dibagi menjadi dua bagian pada sisi timur dan barat lapangan, serta utara maupun selatan,”ujarnya.

Berkait tahapan pekerjaan tersebut, lanjutnya, maka sambil menunggu datangnya materia geotekstil yang cukup banyak yang harus dilakukan melalui order pemesanan pabrikan. maka pembuatan atau penataan saluran model U untuk keliling lapangan harus dikerjakan. Sebab, untuk mencetak saluran model tersebut harus dilakukan di lokasi pekerjaan, dan saat ini tengah berlangsung untuk pembuatan cetakannya.

Selain itu, secara teknis pelaksanaan pekerjaan tersebut harus diikuti bak-bak penampungan air sebelum masuk ke saluran sekeliling lapangan yang jaraknya sudah ditetapkan tiap jarak 5 meter. Dengan demikian, banyaknya bak peresapan tersebut maka jika nanti musim hujan kondisi lapangan tidak sampai menyisakan genangan air di tengah lapangan karena hal itu akan mengganggu permainan sepak bola saat terpaksa harus bermain di tengah cuaca hujan.

Terlepas dari hal tersebut, meskipun pekerjaan fisik tahap awal sudah berjalan sesuai rencana tapi kesannya untuk progresnya lambat. ”Sebab, progres pekerjaan terbesar atau terbanyak adalah bila penataan rumput sintesis buatan pabrik itu sudah terpasang, dan saat ini masih dalam proses pemesanan pada pabrik yang memproduksinya,”imbuhnya.