Sedekah Bumi Penghuni LI di Tengah Situasi Pandemi

0
208
Ketua RT Lorong Indah (LI) Desa/Kecaatan Margorejo, Pati, Mastur tengah menyiapkan kelengkapan kenduri tradisi Sedekah Bumi, Jumat (10/7) hari ini .

SAMIN-NEWS.com, PATI – Kendati di tengah situasi pandemi penyebaran virus Corona (Covid-19) tapi para penghuni Lorong Indah (LI) (kebanyakan) para perempuan, di Dukuh Bibis, Desa/Kecamatan Margorejo, Pati tetap mempunyai komitmen uantuk menyelenggarakan tradisi. Yakni, melaksanakan Sedekah Bumi sebagai ungkapan rasa syukur bahwa sampai saat ini kondisi kesehatan para penghuni tetap maksimal.

Kendati di tengah situasi pandemi Covid-19, mereka tetap bertahan dalam kekebalan (imunitas) tubuh yang bisa bertahan hingga sekarang, sehingga ratusan para penghuninya yang lebih banyak melakukan kontak dekat dengan pengunjung belum ada yang positif terpapar virus tersebut. Semisal sudah ada, maka para penanggung jawab lorong tersebut cepat-cepat akan melakuikan langkah-langkah penangangan yang diperlukan.

Apalagi sekarang ini, kata Ketua RT lorong yang bersangkutan, Mastur, untuk melihat gejala awak kondisi tubuh setiap individu sekarang ini bisa melakukan Rapid Tes secara mandiri. ”Jika hasilnya reaktif, maka langkah penanganan berkiutnya adalah melakukan karantina mandiri sampai dijemput petugas kesehatan untuk melakukan swab test,”ujarnya.

Para perempuan penghuni Lorong Indah (LI) di Margorejo, Pati yang mengikuti kenduri acara tradisi Sedekah Bumi, Jumat (10/7) hari ini.(Foto:SN/aed).

Akan tetapi. lanjutnya, sampai sekarang belum ada satu pun penghuni yang jumlahnya ratusan ini mengeluhkan kondisinya , sehingga dalam kesempatan berlangsungnya pelaksanaan tradisi sedekah bumi ini, secara bersama-sama para penghuni dan induk semangnya ikut melakukan hal tersebut dengan mengirimkan tumpeng lengkap lauk ingkung ayam.

Untuk sedekah bumi tahun ini, jumlah ingkung ayam yang disajikan dalam kenduri bersama oleh induk semang maupun  gabungan perempuan penghuni lorong hanya sebanyak 64 ingkung. ”Padahal tahun lalu bisa mencapai 95 ingkung, tapi kami memaklumi karena di tengah pandemi Covid-19 ini pengunjung memang juga sepi,”paparnya.

Sementara itu, Modin Margorejo yang memimpin doa bersama para penghuni LI ini, Jasmo menuturkan, bahwa untuk Lorong Indah yang masuk Dukuh Bibis, Desa/Kecamatan Margorejo, pepundennya ikut tempat Mbah Palu Ombo. ”Petilasannya ada di pinggir jalan raya Pati-Kudus sebelah jembatan kalau dari Kota Pati kanan jalan,”imbuhnya.